Tips Menjadi Fotografer – Hallo pembaca setia alineasatu 🙂 Semoga anda sehat selalu, dan dari hari ke hari menjadi orang yang terus mengalami peningkatan dalam segala hal.

Oke baiklah,, Pada artikel kali ini saya akan memberi tahu anda 10 Tips Untuk menjadi Fotografer Handal. Tentunya anda termaksut salah satu fotografer yang ingin menghasilkan karya yang hebat seperti yang terpampang di pameran online ataupun pada majalah fotografi. Sebelum anda sampai ketahap itu, Tentunya anda membutuhkan pengetahuan yang lebih tentang fotografi. Pantau saja terus alineasatu.com dan anda akan terus mendapatkan wawasan yang super bagus.. :3

Hanya ingin mengingatkan, bahwa fotografi tidak hanya masalah bagaimana cara menekan tombol shutter, tetapi fotografi adalah seni dan keterampilan yang juga tak kalah rumit. Untuk beberapa orang mungkin seni fotografi akan menjadi proses belajar yang panjang dan sulit. Namun bagi yang lain, itu bisa menjadi bakat alami. Untuk itu saya akan jabbarkan 10 Tips menjadi Fotografer Handal, tentunnya untuk meningkatkan skill fotografi anda, dan semoga saja bisa membantu mengembangkan keterampilan anda sebagai fotografer. Langsung saja simak tipsnya :

10 Tips Menjadi Fotografer Profesional Paling Handal

tips menjadi fotografer - 10 Rahasia Tips Menjadi Fotografer Profesional Paling Handal dan Sukses
10 Tips Menjadi Fotografer Profesional
  1.  Jangan Langsung Membeli Peralatan Paling Mahal

  2. Sebagian orang banyak berpikir jika ingin mendapatkan foto yang sangat bagus anda harus memiliki kamera yang super mahal, dan beberapa orang ada yang nekad untuk membeli kamera+peralatan pendukung yang harganya selangit. Tidak mengapa jika anda memang orang yang ber Uang :3 tapi perlu anda ketahui, bahwa kamera yang sangat mahal tidak akan menjamin anda untuk mendapat foto yang lebih baik, kecuali anda telah menjadi seorang yang ahli dalam fotografi dan benar-benar menguasai peralatan tersebut. Belajarlah secara bertahap dengan kamera anda yang sederhana, dan sebaiknya juga mengupgrade peralatan sampai anda benar-benar menguasai dasar fotografi dan membutuhkan pengembangan skill dengan peralatan yang lebih canggih,

  3. Bergabunglah dengan Forum Fotografi

  4. Cukup banyak situs besar yang didirikan baik diindonesia maupun diluar sana yang bisa anda datangi untuk menambah wawasan/ilmu. Di forum anda dapat meminta saran atau rekomendasi mengenai teknik atau peralatan yang cocok sesuai dengan kebutuhan anda. Simak baik-baik obrolan di forum yang membahas tentang kasus tertentu, karena bisa saja suatu saat anda akan menghadapi kasus yang serupa.

  5. Pastikan anda Selalu Berjalan dengan Kamera anda

  6. Memang tidak harus setiap waktu. Tapi adakalanya kesempatan memotret (entah itu momen atau pun objek yang indah) datang tiba – tiba ketika kalian tidak mengharapkannya. Jika merasa berat dengan beban kamera DLSR, cobalah manfaatkan kamera ponsel Anda untuk mengambil peluang memotret yang tak kita duga. Dan hanya dengan kamera ponsel kalian bisa langsung mengambil foto referensi dari adegan yang ingin Anda kembangkan menggunakan kamera DSLR.

  7. Mencari Referensi dan Ide

  8. Belajarlah dari karya orang lain. Cobalah Anda berkeliling di situs photo stream seperti 500px atau flickr. Lihat dan pelajari karya hebat para fotografer profesional di sana. Dengan begitu semoga bisa memberikan kalian ide – ide segar dari cara mereka mengambil gambar yang bisa kemungkinan sebelumnya tidak terfikirkan oleh kita.

  9. Jangan Abaikan Subjek Sederhana

  10. Sesuatu yang sederhana terkadang mempunyai ke special tersendiri. Mungkin anda tidak menyadarinya, tapi cobalah melihat lingkungan yang akrab dengan mata yang segar. Seringkali subjek sederhana bisa menjadi foto terbaik. Cobalah berdiri di sebuah tempat tertentu sambil melihat sekeliling, lalu coba untuk mengambil lima atau enam tembakan. Otak-atik kamera Anda dan kembangkan kreasi Anda untuk mendapatkan foto terbaik sekalipun pada objek / subjek yang biasa-biasa saja.

  11. Nikmati Proses Belajar (Enjoy aja)

  12. Menikmati proses adalah hal yang paling bagus untuk dilakukan. Karena jika kita melakukan sesuatu tanpa ada untuk keterpaksaan,itu akan meringankan/mempermudah sesuatu yang sedang kita kerjakan. Inspirasi dan Kesempatan selalu ada di sekitar anda. Cobalah melihat segala sesuatu dan kalian akan melihat kesempatan memotret yang tidak pernah kalian lihat sebelumnya.

  13. Manfaatkan Post-Processing

  14. Post-processing dapat melibatkan tweak sederhana seperti menghapus mata merah, lalu mengubah foto menjadi hitam dan putih, dan masih banyak lagi. Jika Anda tertarik untuk belajar tentang pengolahan gambar maka Anda bisa memulai dengan mencoba perangkat lunak gratis seperti Paint.net (tidak harus bingung dengan Microsoft Paint). Ditambah dengan sebuah forum pengguna dan paint.net menawarkan fleksibilitas Adobe Photoshop tanpa biaya dan kompleksitas.

  15. Selalu Bereksperimen dengan Settingan Kamera

  16. Ketika anda bereksperimen, cobalah membidik/menjepret subjek dengan beberapa settingan yang berbeda – beda untuk mempelajari apa efek yang kalian suka. Ketika sedang melihat foto di Komputer. kalian dapat memeriksa data EXIF (dalam properti file) untuk melihat settingan kamera saat memotret. sebelum anda bereksperimen dengan settingan kamera, tentu nya anda sudah mengetahui bagian-bagian kamera dan fungsinya. jika belum,anda dapat membaca diartikel ini : Ketahui Bagian bagian Kamera DSLR Canon dan Fungsinya

  17. Pelajari Dasar Fotografi

  18. Sangat penting untuk anda yang ingin menjadi seorang fotografer untuk mempunyai tentang pengetahuan dasar fotografi. Mulai lah dari mengenal bagian – bagian kamera, mempelajari tentang eksposure,dll. Sedangkan untuk mencari ide atau referensi bisa dengan melihat karya orang.

  19. Memotret Secara Rutin

Lakukanlan pemotretan sesuatu setiap hari. Selalu sempatkan untuk memotret, cari waktu senggang untuk berlatih secara teratur. Sehingga anda tidak lupa apa yang anda pelajari selama ini. Sedangkan cara terbaik untuk memotivasi diri sendiri adalah dengan bergabung ke Forum Fotograf.

Itulah 10 Tips menjadi Fotografer Profesional Paling Handal. Mudah – mudahan dapat menambah wawasan, membantu anda dan bisa berguna untuk Anda. Jangan sungkan-sungkan untuk memberi komentar dibawah, sekedar mengoreksi ataupun ingin menambahkan tips nya. Selamat Mencoba! Salam Art !!!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here