kamera

Jenis Shooting Pada Kamera – Bagaimana kabarnya kawan sehat kan.. Baiklah, Artikel kali ini saya kan menulis tentang Mengenal Macam-Macam Jenis Shooting pada kamera untuk Menjadi Fotografer Handal.

Hal ini merupakan pengetahuan dasar yang harus diketahui oleh fotografer, karena akan sangat membantu dalam suatu keadaan. Seperti yang sudah kita ketahui, Kamera telah menyediakan Beberapa jenis Type Shooting untuk menghadapi beberapa situasi. Dan Type-type shooting dapat anda temui pada menu Drive Mode. Setiap Jenis shooting diperuntukkan untuk kondisi tertentu, termaksut memotret diri sendiri jika tidak ada orang yang membantu memotret anda.

Baca juga : (Teknik Fotografi Model ala Fotografer Profesional)

Mengenal Macam-Macam Jenis Shooting Pada Kamera

Pada drive mode ini kita dapat menggunakan banyak type – type shooting. Tentunya anda dapat memotret dalam sekali jepret ataupun berkali-kali jepret secara berurutan. Berikut jenis-jenis shooting beserta fungsinya :

1. Single Shooting

Jenis single shooting ini hanya untuk melakukan sekali shoot, dalam sekali menekan tombol shutter.

2. Continuous Shooting

Pada jenis Continuous Shooting ini, sekali menekan tombol shutter tanpa dilepas (ditahan), Maka kamera akan melakukan shoot secara berkali-kali,dan akan berhenti jika anda melepaskan tombol shutter. Continuous Shooting ini sangat cocok untuk menangkap sebuah moment, seperti pada foto jurnalis.

3. Self-Timer: 10sec / Remote Control

Disini kamera akan otomatis menjepret untuk pengambilan gambar dalam hitungan 10detik. Dan anda juga dapat menggunakan Remote control Shutter Release. Anda dapat menggunakan jenis shooting ini untuk memotret diri anda sendiri.

4. Self-Timer: 2sec

Jenis shooting ini sama seperti jenis shooting diatas, hanya saja pada mode shooting ini waktu kamera untuk menjepret otomatis dalam hitungan 2detik.

5. Self-Timer: Continuous

Pada jenis shooting ini kamera akan otomatis menjepret gambar tanpa henti dan terus berlanjut tanpa menekan tombol shutter. jenis shooting ini merupakan gabungan dari Continuous Shooting dan Self-timer:10sec/Remote control.

Untuk mengganti jenis shooting pada kamera sangatlah mudah. Pada tipe kamera sekelas canon EOS 600D Anda cukup menekan tombol navigasi “kiri” yang merupakan shortcut menu drive mode. Setelah itu silahkan pilih jenis shooting yang diinginkan. Coba Anda perhatikan gambar di bawah ini:

Mengenal Macam-Macam Jenis Shooting untuk Menjadi Fotografer Handal
5 jenis shooting yang telah saya beri angka sesuai urutan penjelasan jenis-jenis shooting yang saya uraikan di atas 🙂

Setelah mengetahui fungsi dan jenis-jenis shooting, ada baik nya mengetahui teknik-teknik pengambilan gambar (Type of Shoot).

Baca disini : (Tips dan Trik Belajar Fotografi Bagi Pemula Dengan Kamera DSLR)

atau Ringkas nya seperti gambar berikut :

Camera-Shoot
Camera shoot Copyright stranger-publish.blogspot.co.id

dan Camera Angles, seperti gambar berikut :

Camera Angles-01
Copyright stranger-publish.blogspot.co.id

Demikian artikel tentang Macam-Macam jenis Shooting pada kamera untuk Menjadi Fotografer Handal, mudah-mudahan dapat menambah wawasan,membantu anda dan bisa berguna untuk Anda. Jangan sungkan-sungkan untuk memberi komentar dibawah, sekedar mengoreksi ataupun ingin menambahkan. Terima kasih telah membaca 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here