Cara Membuat QR Code – Penahkah kamu menemukan sebuah kode batang atau biasanya disebut dengan bahasa gaulnya yaitu QR Code. Ngomong-ngomong soal QR Code udah pada tahu belum?

QR Code yaitu sebuah kode matrik atau dua dimensi barcode yang dibuat oleh perusahaan jepang Denso Wave pada tahun 1994, yang merupakan bentuk evaluasi dari barcode yang biasanya kita lihat pada sebuah produk. QR Code didalamnya memuat sebuah informasi seperti Alamat URL, Teks hingga nomor telepon, QR Code biasanya diletakan diberbagai produk untuk menunjukan informassi tambahan dari produk tersebut.

Yap.. sudah tau kan ? Selain terdapat di suatu produk, QR Code ini sering sekali ditemukan disebuah aplikasi sosial media yang salah satunya yaitu BlackBerry Mesenger, Line, dan masih banyak lagi. QR Code ini digunakan untuk mempermudah untuk kita terhubung dengan sesuatu dengan mudah tanpa harus mengetik lagi. Sekarang ini smartphone sudah canggih-canggih dan sudah menggunakan model yang kekinian. Smartphone sekarang juga sudah di lengkapi sebuah aplikasi untuk membacanya.

Sebenarnya ada banyak cara membuat QR Code online, ada juga cara membuat QR Code dengan PHP yang cukup mudah untuk dipraktekkan. Ada juga cara membuat QR Code dengan generator, cara ini malah lebih mudah untuk dilakukan karena kita hanya memerlukan toolnya. Jika kalian pengen membuatnya di HP android, ada juga cara membuat QR Code di android. Ada banyak cara tinggal mana yang kalian pilih.

Untuk Pembuatan Code sendiri apakah susah dan bagaimana cara membuatnya kalau kita mau membuatnya sendiri? Itu lah pertanyaan yang merupakan inti dari pemabahasan ini, Jadi jangan tergesa-gesa untuk memulai membuatnya sebenarnya membuatnya itu sangatlah mudah. Untuk cara pembuatannya sendiri kamu bisa memanfaatkan aplikasi yang sehari-hari sering kamu pakai di Komputer yaitu Microsoft Word. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan Microsoft Excel. Yap, cara membuat QR Code dengan excel juga bisa kalian lakukan. Akan tetapi, kali ini kita akan mencoba membuat tutorial cara membuat QR Code dengan microsoft word.

Microsoft Word yang sering kamu gunakan untuk membuat suatu tugas dan dokumen-dokumen yang penting, dan kali ini kita akan memanfaatkannya untuk membuat sebuah QR Code. Langsung saja cara membuatannya dan ini pun juga sangatlah mudah dan tidak memerlukan waktu yang lama. Cara membuat QR Code dengan microsoft word bisa diikuti tutorialnya di bawah ini.

Cara Membuat QR Code Dengan Microsoft Word

1. Sebelum memelakukan pembuatan QR Code, ada yang perlu kamu persiapkan terlebih dahulu yaitu melainkan kamu harus terkoneksi ke jaringan internet terlebih dahulu dan kamu harus menginstall QR4Office, yaitu sebuah add-in untuk MS Word yang bisa kamu download dan install disini atau kamu bisa mendownloadnya dari Store MS Word.

2. Setelah persiapan diatas selesai, selanjutnya buka Microsoft Wordnya lalu Arahkan ke Menu Insert >  My Apps dan pilih QR4Office.

membuat qr code dengan microsoft word 1 1024x576 - Cara Membuat QR Code Yang Mudah Dengan Microsoft Word3. Pilih http:// atau https:// dan masukan Url yang akan kamu gunakan untuk QRCode.

membuat qr code dengan microsoft word 2 1024x546 - Cara Membuat QR Code Yang Mudah Dengan Microsoft Word

4. Kamu juga bisa memilih warna sesuka selera masing-masing untuk mempercantik QR Code.

membuat qr code dengan microsoft word 3 e1485578284925 - Cara Membuat QR Code Yang Mudah Dengan Microsoft Word

5. Setelah setelan semua selesai tinggal kamu klik insert, dan akan otomatis QR Code akan terinputkan di Halaman Microsoft Word.

membuat qr code dengan microsoft word 4 1024x546 - Cara Membuat QR Code Yang Mudah Dengan Microsoft Word

6. Selanjutnya kamu simpan dengan format JPG/PNG, Gimana Caranya? Kamu arahkan Kursor kamu di kambar lalu klik kanan > Save As Picture.

membuat qr code dengan microsoft word 5 e1485578246770 - Cara Membuat QR Code Yang Mudah Dengan Microsoft Word7. Selesai deh, Sekarang kamu bisa mencobanya untuk Scan QR Codenya dengan aplikasi QR Code Scanner yang berada di smarphone masing-masing.

Bagaimana gaes menurut kamu, mudah bukan? Kamu bisa membuat QR Code ini dengan mudah dan cepat. Memang dengan Microsoft Word sebenarnya tidak cuma bisa membuat QR Code atau Bardcode saja, tetapi banyak sekali yang bisa di buat di microsoft word. Selain bisa mengetik atau membuat dokumen, microsoft juga bisa membuat QR Code.

Yap.. itulah cara membuat QR Code dengan microsoft word. Semoga tutorial ini dapat bermanfaat bagi kalian semua, dan Jika kamu sudah membuatnya, jangan lupa bagikan pengalamanmu di kolom komentar, ya?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here