Pulau Cinta Gorontalo Tak Kalah Menawan Dengan Maldives

Pulau Cinta Gorontalo – Negara Kesatuan Republik Indonesia yang terkenal akan keindahan alamnya. Terdapat ratusan bahkan ribuan destinasi wisata di Indonesia yang belum banyak dijumpai orang. Salah satunya yang ada di Gorontalo. Ya, Gorontalo yang merupakan propinsi di Sulawesi ternyata menyimpan keindahan tersendiri di sektor wisata. Provinsi Gorontalo memiliki destinasi wisata air yang menawan yaitu Pulau Cinta Gorontalo. Sebagian orang juga menyebutnya Pulo Cinta Gorontalo.

Jembatan Pulau Cinta Gorontalo

Jika dilihat dari namanya yang mengandung kata ‘Cinta’. Pulau ini kalau dilihat dari atas berbentuk seperti hati. Sekilas memang pulau cinta gorontalo ini hampir mirip maldives. Kalau kalian yang baru menikah dan sedang bingung menentukan tempat honeymoon romantis, sebaiknya datanglah ke Pulo Cinta Gorontalo. Salah satu alternatif terbaik untuk melakukan Honeymoon atau bulan madu.

Lokasi Pulau Cinta Gorontalo

Pulau Cinta yang berlokasi di Kecamatan Talimuta, Kabupaten Boalemo, Gorontalo. Kawasan wisata pantai Balihutuo.

Akses Menuju Pulau Cinta Gorontalo

Rute Menuju Pulau Cinta Gorontalo

Jika kalian ingin berlibur kesini, tentunya harus menempuh penerbangan dari kota asalmu menuju ke Bandara Jalaluddin Gorontalo. Kemudian dilanjutkan perjalanan darat sekitar 2 jam menuju ke Kecamatan Tilamuta, Kabupaten Boalemo. Perjalanan darat bisa ditempuh dengan menaiki mobil. Setelah sampai di tilamuta, dilanjutkan dengan menaiki kapal motor atau miniboat menuju Pulau Cinta sekitar 30 menit.

Asal Mula Pulau Cinta Gorontalo

Letaknya di Teluk Tomini, Gorontalo, Sulawesi Utara. Pulau yang berbentuk hati ini konon kabarnya merupakan saksi kisah cinta antara sepasang kekasih yang menjalin hubungan secara sembunyi – sembunyi. Sepasang kekasih tersebut adalah pangeran Gorontalo dan putri saudagar dari Belanda.

Pulau yang berada terpisah dari lokasi peperangan waktu dulu membuat sepasang kekasih ini dapat bersatu dan melupakan sejenak pertikaian yang terjadi. Saat malam datang dan langit dipenuhi dengan bintang – bintang, mereka datang ke pulau ini menikmati pelarian rahasia mereka. Cerita tersebut yang berhasil menjadi daya tarik para wisatawan untuk datang kemari.

Hal – hal yang Bisa Dinikmati di Pulau Cinta Gorontalo

Rasakan Keindahan Bawah Laut Pulau Cinta

Di pulo cinta Gorontalo terdapat 15 cottage yang di design unik berbentuk hati mengelilingi pulau ini. Nuansa romantis pun semakin melekat pada pulau cinta ini. Untuk konsep cottage nya memang meniru rumah adat yang ada di sekitar. Tempatnya yang berada tepat di tengah pantai dan sudah dibangun jembatan melingkar yang terbuat dari kayu menambah suasana berbeda saat kalian bermalam disini. Awalnya pulau ini memang tidak berpenghuni, akan tetapi setelah ditemukannya pulau ini kepada Dinas Pariwisata Gorontalo, alhasil banyak masyarakat banyak berdatangan kemari. Jika kalian kesini kalian bisa menikmati hal – hal yang disediakan disini seperti:

1. Hopping Island

Hopping island merupakan kegiatan untuk mengelilingi pulau – pulau kecil di Teluk Tomini dengan menaiki perahu. Hanya memakan waktu 1 jam saja kalian bisa mengelilingi pulau – pulau seperti : Gulf of Tomimi, Pulau Bajo, Pulau Lito Mohumbo Kiki, dan masih banyak lagi.

2.Snorkeling dan Diving

Hampir semua kegiatan wisata di pulau pasti menyertakan snorkeling dan diving. Ketika kalian mencoba snorkeling dan diving di Pulo Cinta Gorontalo, hanya dengan menyelam sedalam 2 sampai 3 meter saja, kalian bisa menikmati keindahan bawah laut pulau ini. Mulai dari keindahan terumbu karang sampai biota laut yang ada di sini.

3. Jelajah Hutan Pesisir Boalemo

Tak hanya wisata air yang ditonjolkan di Pulau Cinta Gorontalo, pada sektor daratan pun juga tak kalah eksotis. Hutan pesisir boalemo yang merupakan area daratan milik kabupaten Boalemo. Disana kalian bisa melakukan hiking atau jelajah hutan, tak lupa keramah tamahan penduduk setempat menambah rasa nyaman jika kalian berlibur kesini.

Biaya yang Ada di Pulau Cinta Gorontalo

Tempat Tidur yang Nyaman

Untuk masalah biaya tentunya dengan keindahan tempat ini rasanya akan sangat terbayarkan jika harus mengeluarkan berapapun jumlahnya. Biaya transportasi tentunya tergantung dari mana kalian berangkat. Kemudian untuk sewa cottage sekitar 3 juta sampai 5 juta per malam.

Sewa perahu seharga Rp. 100.000,- untuk mengelilingi hutan bakau seluas 30 hektar. Kalau ada wisatawan yang kesini membawa kamera (kecuali kamera HP) akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp. 1.000.000,-. Untuk masalah penginapan berikut daftar harga penginapan pulau cinta Gorontalo:

Update Harga 11 Agustus 2016 : tarif rata – rata penginapan

One Bedroom Villa (untuk 2 orang)

  • Rp. 3,5 juta per malam (weekdays)
  • Rp. 4,5 juta per malam (weekend)
  • Rp. 5 juta per malam (holiday season)

Two Bedroom Villa (untuk 4 orang)

  • Rp. 7 juta per malam (weekdays)
  • Rp. 9 juta per malam (weekend)
  • Rp. 10 juta per malam (holiday season)

Three Bedroom Villa (untuk 6 orang / Keluarga)

  • Rp. 10,5 juta per malam (weekdays)
  • Rp. 13,5 juta per malam (weekend)
  • Rp. 15 juta per malam (holiday season)

***Harga diatas sudah termasuk :

– Jemputan dari dan menuju bandara Jalaludin, Gorontalo.

– Penyebrangan menuju Pulo Cinta

– Makan 3 kali sehari

– WiFi

– Perlengkapan snorkeling dan kebutuhan selama di pulau

Catatan : Cottage tidak ada AC karena ventilasi udara yang baik jadi saat siang hari terasa nyaman. Tak lupa kalau stok air di Pulau Cinta Gorontalo terbatas, jadi harus hemat air.

sumber : sukagitu.com