5 Trik Menata Rumah Kecil Supaya Terlihat Lebih Mewah

Menata rumah kecil memang gampang-gampang susah. Selain dibutuhkan kejelian melihat sudut ruang yang mampu dimanfaatkan, juga membutuhkan kreativitas yang tinggi. Menata perabot dan disesuaikan fungsinya pun tidak kalah pentingnya.

Rumah kecil ini pun menjadi solusi bagi pasangan muda yang baru menikah. Mereka dapat memaksimalkan lahan yang tidak terlalu luas, untuk dipakai bersama keluarga barunya. Sebuah keluarga kecil yang dihuni oleh orang-orang bahagia.

Kali ini kami bakal sampaikan trik menata rumah kecil agar terlihat mewah. Jangan pesimis dulu kalau punya rumah berukuran mungil, karena dengan sedikit trik, kesan sempit akan terganti dengan kesan mewah.

Seperti apa triknya? Berikut ini kami berikan ulasannya.

1. Menata rumah kecil: kreatif dalam memilih cat dinding

Memilih cat dinding memiliki peranan yang cukup penting dalam penataan rumah mungil. Cat dinding berwarna putih memang memberi kesan rumah lebih luas. Tetapi juga tidak menutup kemungkinan, warna tersebut akan membosankan.

Karena itu, diperlukan kreativitas dalam memilih cat dinding. Mengupayakan agar warna cat dinding diberikan sesuai tema adalah langkah yang bagus. Berikan warna cat dinding yang senada atau bahkan kontras dengan perabot yang ada.

2. Mengatur pencahayaan dengan maksimal

Bukan rahasia umum lagi kalau pencahayaan menjadi hal krusial dalam menata rumah kecil. Apabila pencahayaan ini kurang, maka rumah akan nampak sempit dan tentu tidak akan terasa sejuk. Justru akan menambah kesan panas dan gersang.

Untuk itulah diperlukan penataan tempat cahaya yang efektif. Pencahayaan bisa dilakukan dengan menambah jendela agar di siang hari, cahaya bisa maksimal. Sedangkan untuk malam harinya bisa menggunakan lampu gantung kristal.

3. Upayakan rumah agar tetap bersih dan rapi

Tips menata rumah kecil selanjutnya adalah mengupayakan agar rumah tetap bersih dan rapi. Bersih-bersih ini bisa dilakukan secara rutin tiap hari. Namun untuk menata perabotnya agar terlihat rapi, bisa dilakukan lebih longgar lagi.

Misalkan sebulan sekali menata perabot yang perlu dan menyingkirkan yang tidak perlu. Untuk membedakannya, bisa dibagi menjadi 3 kategori perabot. Yakni 1) benda tidak penting dan harus dibuang; 2) benda layak pakai untuk didonasikan; 3) benda penting yang butuh dimodifikasi.

4. Dekorasi mungil dengan buah segar

Selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita, buah-buahan segar juga berperan penting dalam upaya menata rumah kecil. Berikan dekorasi mungil berupa buah-buahan segar yang ditaruh di sebuah wadah semisal mangkuk besar.

Kemudian mangkuk tadi bisa diisi dengan buah segar kesukaan kamu. Bisa berupa buah anggur, apel, lemon, jeruk, atau apapun buahnya yang penting kamu suka. Selain untuk didekoras, buah segar ini juga akan terus memacu kita untuk menjaga pola makan sehat.

5. Berikan nuansa alam luar

Maksud dari memberikan nuansa alam luar adalah dengan membawa kesan alami di dalam rumah. Yakni dengan cara memberikan beberapa pot tanaman hias di sudut ruang. Atau bisa juga digantungkan di teras depan atau belakang, bisa juga di carport.

Selain pot tanaman hias, juga bisa menggunakan bunga potong. Bunga potong ini bisa berupa anggrek, lily, hingga tulip putih. Hal ini tentu dapat menambah kesan mewah untuk rumah kamu, meski luasnya sempit sekalipun.

Itulah tadi trik menata rumah kecil agar terlihat mewah. Mulai sekarang tidak perlu bingung lagi bagaimana cara memberikan kesan mewah di rumah yang tidak terlalu luas. Selamat mencoba!