Penataan Rumah Minimalis: Simak 5 Triknya Agar Rumahmu Harmonis!

Penataan rumah minimalis kini telah menjadi topik yang dicari-cari. Selain karena maraknya tren rumah minimalis, para pemilik juga senang dan tertarik untuk menata rumahnya lebih rapi lagi. Supaya tetap nyaman dihuni.

Apabila kondisi rumah sudah nyaman, kesehatan mental keluarga yang tinggal pun akan terjaga. Bahagia akan mudah digapai karena keharmonisan rumah tangga. Semua ini berawal dari rumah yang bikin betah dan begitu tertata.

Nah, lalu bagaimana trik penataan rumah minimalis agar nyaman dihuni? Kali ini kami akan sampaikan penjelasannya berikut ini. Cek yuk!

1. Penataan rumah minimalis: Penambahan karpet bisa jadi opsi pertama

Menambah kesan harmonis di dalam rumah bisa kita lakukan dengan cara menambah karpet. Karpet ini bisa menjadi alas yang nyaman dipijaki. Ada opsi apakah duduk di kursi atau lesehan di karpet.

Namun perlu diingat, kita tidak perlu melapisi seluruh ruang dengan karpet. Karpet ini cukup diletakkan di ruang-ruang tempat berkumpul atau istirahat. Bisa di ruang tamu, ruang keluarga, atau kamar tidur.

2. Memilih furnitur dengan bahan alami

Penataan rumah minimalis selanjutnya bisa dilakukan dengan memilih furnitur yang punya bahan alami. Berbahan natural, istilah kerennya. Furnitur ini bisa meliputi perabot kursi, meja, atau storage.

Pilihlah perabot yang berbahan natural sperti rotan atau kayu. Dan pilih pula bahan yang tahan lama. Rotan dan kayu menjadi pilihan karena kesannya memberikan kehangatan. Serta lebih nyaman dan enak dilihat.

3. Menyematkan tanaman pot lucu

Meletakkan tanaman hias dalam pot lucu juga bisa menambah kesan harmonis dalam rumah. Penataan rumah minimalis jadi lebih mudah dan mampu memberi kesan hangat dan alamiah. Yakni cukup dengan menyematkan tanaman hidup di sudut ruang.

Tanaman hidup seperti ini mampu meneduhkan perasaan atau emosi kita. Sebab tanaman memang sejatinya memberikan nuansa alami, dan itu sangat disenangi oleh pikiran kita. Selain memberi kesan segar dan damai, tanaman hidup ini juga bisa menambah estetika.

4. Tambahkan aroma natural yang wangi

Aroma memang menyedapkan udara dan mampu menyulap perasaan kita juga. Aroma kopi pun menenangkan dan membuat kita fokus terhadap pekerjaan di depan mata. Aroma bunga pun memberikan kesan segar supaya pikiran kita tetap fresh.

Aroma-aroma seperti ini sangat diperlukan dalam penataan rumah minimalis. Aroma terapi ini bisa didapat dari lilin atau minyak esensial. Kita bisa pilah-pilih aroma natural yang wangi sesuai dengan selera kita.

5. Cobalah untuk menggunakan penyejuk udara evaporatif

Mendengar penyejuk udara evaporatif tentu menjadi agak kurang familiar. Sebab kita kebanyakan baru mengenal pendingin udara (AC) atau yang alami, yakni ventilasi. Nah, penyejuk udara evaporatif ini bisa jadi alternatif lho.

Penyejuk ini bisa menghemat listrik karena dayanya lebih kecil dibanding pendingin udara (AC). Selain lebih hemat listrik, penyejuk udara evaporatif juga lebih sehat serta mampu menyegarkan lewat percikan airnya.

Mudah bukan? Tips penataan rumah minimalis di atas akan sangat berguna dan memberi efek luar biasa. Suasana rumah menjadi lebih harmonis dan mood keluarga akan tetap terjaga. Selamat mencoba!