5 Trik Penataan Kamar Tidur Minimalis di Rumah yang Wajib Kamu Coba

Bingung dalam menata kamar tidur minimalis kerapkali dialami oleh pasangan muda. Terlebih bagi mereka yang sedang membangun atau membeli rumah minimalis berukuran terbatas. Tentu penataan tiap ruang menjadi penting untuk dilakukan dengan teliti.

Keinginan untuk memiliki kamar tidur berukuran luas harus dipendam dalam-dalam. Pemilik rumah tidak bisa memaksakan ukuran kamar tidur, apabila ukuran rumahnya saja sudah terbatas dan tidak terlalu luas.

Buat kamu yang butuh tips penataan kamar tidur minimalis, berikut ini kami berikan kiat-kiat sederhananya. Cek yuk!

1. Pilih penerangan yang sesuai untuk kamar tidur minimalis

Ada beberapa hal penting untuk diperhatikan dalam memilih penerangan untuk kamar tidur minimalis. Yang pertama, yakni penempatan lampu. Lampu yang diletakkan di dinding akan lebih menghemat tempat dibanding lampu meja.

Dan, lampu yang bercahaya kekuningan dan tidak terlalu terang benderang, akan lebih menciptakan kesan hangat dalam ruang. Hal ini tentu akan mendukung otak kita untuk beristirahat dari aktivitas yang melelahkan di siang hari.

2. Utamakan memakai furnitur multifungsi

Kamar tidur minimalis umumnya memiliki luas yang kecil atau sempit. Hal ini tentu akan membatasi furnitur yang perlu dimasukkan ke dalam kamar. Karena itu, butuh kreativitas dan kejelian untuk mengutamakan furnitur multifungsi.

Misalkan di bawah ranjang terdapat laci yang bisa digunakan untuk menyimpan barang seperti sepatu. Atau bisa juga kursi rias yang di bagian bawahnya terdapat laci untuk menyimpan alat riasnya.

3. Penyimpanan juga bisa dilakukan pada area dinding

Untuk menyimpan barang-barang pribadi, area dinding bisa dimanfaatkan. Kita bisa menyimpan barang seperti buku atau tas di rak yang ditempelkan di dinding. Serta barang-barang kecil yang lain, supaya kamar tidur tidak berantakan.

Penyimpanan di area dinding juga bisa dilakukan dengan menambah rak untuk benda-benda yang sering kita pakai. Semisal ponsel pintar, charger, kunci, dompet, dan benda-benda kecil lainnya.

4. Kreasikan dinding dengan cara menghiasnya

Menata kamar tidur minimalis bukan berarti membiarkan dinding kosong dan polos. Justru hal ini akan menciptakan kebosanan dan bisa mempengaruhi kesehatan mental. Untuk itu, kita bisa menghiasnya sesuai dengan kreativitas kita.

Kita bisa mengecat warna dinding dengan warna kesukaan kita. Atau bisa juga menambah wallpaper untuk menggambarkan hobi yang kita tekuni. Atau bisa juga menambah figura yang berisi foto kenangan bersama keluarga dan orang tercinta.

5. Posisikan ranjang secara tepat

Penataan kamar tidur minimalis yang tidak kalah pentingnya adalah posisi ranjang. Ranjang sebisa mungkin berposisi di tengah dengan jarak 60-70 cm. Jarak yang dimaksud ialah jarak antara ranjang dengan dinding di sebelahnya.

Di sudut ruang bisa ditempatkan storage berupa meja kecil. Meja ini ditempatkan di kedua sisi ranjang. Apabila tidak cukup, maka menempatkan satu meja kecil pun tidak masalah. Intinya, posisikan ranjang dengan tepat agar tidak memakan ruang terlalu banyak.

Mudah bukan, cara menata kamar tidur minimalis di rumah kamu? Tentu akan sangat menyenangkan bila dilakukan bersama-sama keluarga tercinta. Sebab kita juga bisa belajar bagaimana caranya menata ruang dengan lebih efisien.