5 Tips Merapikan Dapur Mungil Pada Apartemen atau Rumah Minimalis

Merapikan dapur mungil tentu menjadi pekerjaan yang mengasyikkan. Namun jika sudah telanjur berantakan, rasa-rasanya melihat dapur saja sudah ingin berteriak. Membuat pikiran jadi tak nyaman, dan kegiatan memasak pun menjadi tidak maksimal.

Tumpukan barang akan sangat mungkin terjadi apabila ukuran dapur sangat kecil. Apalagi jika istri di rumah sangat gemar memasak dan berkreasi dengan resep masakan yang berkeliaran di internet. Hal ini tentu akan membuat dapur tidak nyaman dilihat.

Lalu, bagaimanakah cara merapikan dapur mungil di apartemen atau rumah minimalis? Berikut ini penulis telah menyiapkan tips dan triknya. Simak yuk!

1. Merapikan dapur mungil: Sebisa mungkin panci diletakkan dengan cara digantungkan

Untuk merapikan dapur mungil, langkah pertama yang dapat diambil adalah dengan menempatkan panci secara gantung. Hal ini bisa menghemat tempat dan sudut lain bisa dimanfaatkan untuk menaruh barang-barang lainnya.

Tidak hanya panci, kita bisa menempatkan peralatan masak lainnya yang terdapat gagang. Untuk ditempatkan secara gantung. Selain menghemat tempat, kita juga akan lebih mudah untuk mengambil ketika ingin menggunakannya lagi.

2. Atur peralatan dapur sesuai penggunaannya

Menempatkan peralatan dapur sesuai dengan penggunaannya juga sangat bermanfaat untuk kita. Alat-alat dapur ini bisa diatur sesuai sering-tidaknya peralatan tersebut dipakai. Bisa dikategorikan lewat jangka waktu penggunaan.

Misalnya, apabila kita ingin membuat makanan khas lebaran dan membutuhkan peralatan tertentu, itu bisa diletakkan di lemari paling atas karena hanya digunakan setahun sekali. Dan bagian bawah bisa diisi alat yang sering dipakai setiap hari.

3. Cari perabot yang bisa diletakkan menempel di dinding

Memanfaatkan dinding juga butuh dilakukan agar dapur mungil kita bisa terasa lebih leluasa. Yakni dengan menambah rak atau lemari penyimpanan berupa kabinet. Kedua alat ini bisa diletakkan dengan cara menempelkannya ke dinding.

Hal penting yang butuh dilakukan jika meletakkan perabot di kabinet atau rak di dinding adalah rutin membersihkannya dan memastikan agar tidak ada sedikitpun sisa makanan untuk mencegah adanya serangga seperti semut masuk ke dapur.

4. Siapkan lemari khusus bumbu

Aroma bumbu yang khas dan kuat ini dapat mengundang hadirnya tikus atau kecoak ke ruang dapur. Karena itu, perlu diperhatikan saat menyimpan bumbu. Pastikan terdapat lemari khusus bumbu dan ditutup rapat.

Lemari khusus bumbu ini bisa didapatkan dari kabinet yang menempel di dinding. Bisa juga membuat lemari sendiri dengan jangkauan yang lebih mudah karena memang bumbu selalu dipakai untuk memasak makanan sehari-hari.

5. Pisahkan peralatan dapur sesuai fungsinya

Tips merapikan dapur mungil selanjutnya ialah dengan memisahkan peralatan dapur sesuai fungsinya. Usahakan agar memisahkan peralatan yang memang untuk memasak, dan peralatan yang hanya untuk makan seperti piring, sendok dan sejenisnya.

Dengan memisahkan peralatan dapur sesuai fungsinya, kita akan lebih mudah dalam mengambil peralatan yang diperlukan. Dan tentu saja dapur akan terlihat lebih rapi. Kalau perlu, kita beri label di setiap tempat penyimpanan agar tidak lupa.

Nah, itulah tadi tips merapikan dapur mungil pada apartemen atau rumah minimalis. Semoga bisa menambah wawasan pembaca untuk menata perabot apartemen atau rumah minimalis.