10 Macam Konsep Desain Ruang Keluarga yang Nyaman untuk Bersantai

Menikmati waktu bersantai di hari libur memang sesuatu yang menyenangkan. Bersantai dengan anggota keluarga yang ada bisa menjadikan sebuah keluarga terlihat nyaman dan bahagai serta semakin mempererat rasa kekeluargaan. Karena itulah sebuah ruang keluarga menjadi salah satu ruangan yang cukup penting.

Dengan ruang keluarga Anda dan keluarga memiliki suatu ruangan khusus di mana Anda dan keluarga bisa menghabiskan waktu dan berbagi cerita. Namun sayangnya saat ini banyak rumah yang memiliki lahan terbatas sehingga tidak bisa membuat sebuah ruangan tersendiri untuk keluarga.

Di artikel kali ini, kami akan memberikan beberapa contoh desain ruang keluarga yang bisa Anda terapkan di rumah kecil Anda. Ruang keluarga ini ada yang menyatu dengan ruangan yang lainnya ada juga yang tidak. Namun yang terpenting, penataan ruang keluarga dan kebersihannya menjadi kunci terpenting jika Anda menginginkan ruang keluarga yang nyaman.

  1. Desain Ruang Keluarga Minimalis Dan Cantik

Bagi Anda yang memiliki lahan terbatas dan menginginkan ruang keluarga yang terpisah dari ruangan lainnya, maka Anda bisa memilih konsep ruangan ini. Nuansa dinding ruangan yang didominasi oleh warna putih akan membuat ruanga ini semakin nyaman dan terasa luas.

Sebagai pemanis ruangan Anda bisa menambahkan satu set sofa empuk berwarna abu – abu atau warna lain yang anda suka dipadukan dengan satu buah kabinet untuk meletakkan televisi. Anda pun juga bisa menambahkan lukisan – lukisan atau foto keluarga di dalamnya. Bahkan meja bundar dengan tanaman hias di pojok ruangan akan membuat ruang keluarga anda semakin nyaman untuk berkumpul.

  1. Desain Ruang Keluarga Tanpa Sofa

Tidak setiap ruang keluarga harus memiliki kursi atau satu set sofa. Bagi Anda yang lebih suka lesehan atau duduk di bawah (di lantai ) Anda bisa menggunakan konsep desain ruang keluarga yang satu ini. Dengan beralaskan kasur atau matras yang tipis serta bantal – bantal kecil, rasa nyaman sudah bisa anda rasakan dengan cepat.

Anda bisa memadukan ruangan ini dengan sebuah kanibet dari kayu untuk meletakkan tv LCD Anda dan dua buah foto di rak atas. Warna ruangan yang didominasi oleh warna putih akan membuat Anda dan keluarga merasa nyaman untuk berkumpul.

  1. Desain Ruang Keluarga Yang Menjadi Satu Dengan Dapur Di Rumah

Rumah yang kecil terkadang tidak memungkinkan untuk membuat sebuah ruangan dengan fungsi tersendiri. Hal ini tentunya akan membuat sebuah ruangan berfungsi ganda. Misalnya saja konsep ruang keluarga yang satu ini, di mana ia menjadi satu dengan dapur. Konsep ini juga memungkinkan ruang keluarga juga menjadi satu dengan ruang makan.

Desain seperti ini sangat digemari oleh masyarakat perkotaan saat ini. Selain hanya memerlukan ruangan yang tidak terlalu besar, suasana keakraban bisa terjalin dengan nyaman. Anda bisa bercengkerama dengan ibu Anda yang sedang memasak atau menikmati drama korea dengan suami saat memasak. Konsep ini memang sangat direkomendasikan bagi Anda yang menginginkan suasana rumah yang nyaman.

  1. Ruang Keluarga Di Bawah Tangga

Jangan pernah membiarkan ruang kecil di bawah tangga rumah menjadi terbengkalai. Anda bisa memanfaatkannya menjadi sebuah ruangan keluarga yang kecil namun tetap cantik.

Anda bisa menempatkan rak kayu sesuai ukuran ruang di bawah tangga Anda. Di sana Anda bisa meletakkan TV, buku, kepingan CD, radio, hingga aksesoris yang lain. Anda bisa menikmati waktu dengan nyaman tanpa khawatir ada ruang yang tidak bisa Anda manfaatkan.

  1. Ruang Keluarga Simpel Yang Dekat Dengan Taman Di Luar Rumah

Bagi Anda yang menginginkan menikmati hari libur dengan keluarga sambil menikmati taman di luar rumah, Anda bisa membuatnya sekarang. Untuk konsep ini lebih baik Anda tidak menggunakan kursi atau sofa dan lebih baik menggunkan karpet tebal berbulu atau kasur tipis saja.

Ruangan ini Anda tempatkan di dekat taman anda dan tentunya harus memiliki kaca tembus pandang yang cukup lebar. Sehingga saat Anda bersantai dengan menonton TV Anda pun juga bisa sesekali melihat pemandangan hijau di luar rumah tanpa harus keluar.

  1. Desain Ruang Keluarga Yang Menjadi Satu Dengan Ruang Makan

Tidak hanya bisa menyatu dengan dapur, ruang keluarga pun juga  bisa menyatu dengan ruang makan sehingga penggunaan ruangan di dalam rumah lebih efektif. Selain membuat suasana rumah lebih hangat tentunya Anda tidak lagi membutuhkan suatu penyekat untuk memisahkan kedua ruangan tersebut.

Walaupun kedua ruangan ini menjadi satu, Anda harus tetap memberikan furniture yang berbeda. Misalnya saja untuk ruangan keluarga Anda menggunakan satu set sofa dengan perapian di depannya sedangkan untuk ruang makan Anda menggunakan meja kursi dari bambu atau kayu. Hal ini dilakukan agar atmosfir rumah tetap seimbang dan ruangan bisa digunakan seperti semestinya.

  1. Ruang Keluarga Simpel, Menyatu Dengan Ruang Tamu

Jika diamati dengan seksama, sebenarnya model ruang tamu sangat mirip dengan ruang keluarga. Yang membedakan ialah ruang tamu yang berada di depan sedangkan ruang keluarga yang berada di belakang. Hal ini akan lebih ringkas jika kedua ruangan ini digabungkan.

Selain menghemat ruangan, Anda hanya perlu satu set sofa untuk membuat dua ruangan sekaligus. Akan lebih bagus jika Anda menambahkan hiasan untuk mempercantik ruangan, seperti karpet untuk ruangan, lukisan, rak buku, hingga lampu hias. Simpel bukan ?

  1. Konsep Ruang Keluarga Yang Nyaman Colourful

Bagi Anda yang tidak menyukai suatu ruangan yang hanya terdiri dari satu warna saja maka Anda bisa mencoba menggunakan desain ini. Selain simpel, desain ruang keluarga ini tidak memakan tempat terlalu banyak. Dengan sofa dan dinding yang berwarna putih, ruangan yang sempit pun bisa terlihat sangat luas.

Untuk menambah kesan ceria dan hangat di ruang keluarga Anda bisa menggunakan bantal kecil dan karpet yang memiliki banyak unsur warna. Langit – langit ruang keluarga pun bisa Anda cat dengan warna yang berlainan dengan warna tembok, misalnya biru laut.

  1. Desain Ruang Keluarga Bergaya Klasik Dan Kontemporer

Apakah Anda menyukai gaya klasik dan kontemporer seperti zaman dahulu ? Kini Anda bisa menerapkannya pada ruang keluarga anda. Dengan warna abu – abu yang mendominasi dan sofa empuknya, membuat ruangan ini terasa sangat nyaman.

Ditambah lagi dengan sebuah meja kayu unik di bagian tengah, sebuah kipas angin gantung di bagian atas, dan perapian akan membuat ruangan ini semakin menarik.

  1. Desain Ruang Keluarga Yang Santai Dan Hangat

Banyak yang mengidolakan ruang kelurga yang satu ini. Selain menggunakan sofa dan meja bundar dari kayu di tengahnya, perapian yang membara ini akan memberikan kesan hangat dan menghangatkan dalam keluarga. Ruangan ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki keluarga yang  hiper aktif dengan jumlah lima sampai enam orang.