Ide Desain Interior Rumah Agar Tampilan Hunian Anda Lebih Menarik

Salah satu hal yang sangat penting dalam sebuah rumah tinggal adalah adanya kenyamanan dan kedamaian di dalamnya. Serta menjadi tempat yang aman untuk berlindung. Beberapa orang membangun kenyamanan tempat hunian mereka sesuai dengan ide-ide cemerlang yang mereka miliki ataupun mengusung desain rumah yang tersedia.

Tak terkecuali menentukan desain interior disetiap rumah pun menjadi hal yang penting. Sebuah desain rumah akan diaberikan penilaian baik atau buruknya bila sebuah desain bisa dianggap baik karena hematnya biaya, efisien , ekonomis bila memberikan hunian yang tahan lama. Desain pun akan dianggap baik bila telah bekerja sesuai dengan fungsinya.

Manfaat Dari Desain Interior Itu Sendiri

Menata desain disetiap ruang memang dapat berdampak baik bagi kesehatan mental dan tubuh anda. Bayangkan saja suatu ruangan yang berantakan tentu akan merusak pemandangan dan membuat anda stress berbeda dengan ruangan yang tertata sedimikian rupa yang akan memberikan rasa nyaman, sejuk dan tentram untuk penghuninya.

Oleh sebab itu, menata setiap ruang sangat dianjurkan agar terhindar dari stress. Anda dapat menyewa desainer interior untuk membantu menata setiap ruang dirumah anda agar menjadi hunian yang senyaman mungkin serta memberikan nilai keindahan tersendiri untuk terhindar dari kekacauan dan berantakannya sebuah ruangan.

Ada berbagai jenis desain interior yang dapat menjadi inspirasi anda dan sesuai dengan kepribadian anda. Dan bila anda sudah paham maka saatnya anda merubah tampilan ruangan didalam rumah anda agar terlihat lebih indah dan nyaman serta menghindarkan masalah stress yang timbul dari ketidakteraturan sebuah ruangan.

Ketahui Jenis-Jenis Desain Interior

  1. Gaya Bohemian

Gaya bohemian atau bisa disebut sebgai gaya boho-chic merupakan tatanan ruang yang memberikan cerminan individualitas. Gaya ini memberikan tampilan akan kebebasan dengan tampilan yang modern serta dilengkapi dengan koleksi yang penuh warna. Gaya Bohemian sangat pas untuk menentukan kepribadian anda dan nilai ekstetika anda.

  1. Gaya Shabby Chic

Berasal dan berkembang di Inggris, desain Interior yang memiliki arti dari lusuh dari kata shabby ini mungkin akan menipu anda. Tapi jangan salah, desain interior ini mulai menjadi pembicaraan banyak orang untuk dijadikan inspirasi dalam menata ruangan disebuah rumah.

Dalam desain Shabby Chic interior yang akan diberikan memiliki kecenderungan tampilan yang feminim dalam aksesorisnya dan anggun. Hal yang identik dari desain ini adalah adanya perabotan-perabotan antik bergaya Pop-Victorian.

Warna dari desain Chubby Chic yang paling banyak digunakan adalah merah muda, putih, biru mud, mint dan beige atau warna lembut lainnya juga bisa diterapkan.

  1. Gaya Industrial

Gaya ini akan mencampurkan material yang masih mentah dalam desainnya. Biasanya cirri khas dari desain Industrial adalah penggunakan dinding yang belum selesai dengan langit-langit yang tinggi serta suasana ruang yang terasa sejuk tanpa pendingin ruangan. Penggunaan material lainnya seperti plat stainless steel, palet baja beton, batu-bata yang terekspos serta cermin merupakan kekhasan dari desain interior Industrial.

Hal lain yang dapat anda lakukan untuk menerapkan desain interior ini adalah dengan mengatur pencahayaan, aksesoris serta perabotan untuk membuat ruangan anda lebih menawan.

  1. Gaya Elektrik

Hampir sama seperti desain interior Bohemian, konsep dari gaya Elektrik itu sendiri merupakan kebebasan dalam menuangkan ide-ide untuk berekspresi tanpa aturan dan pemainan mencampurkan dan menyesuaikan aksesoris rumah.

Berbeda dengan jenis desain Interior lainnya, Gaya elektrik akan mengkombinasikan beberapa jenis desain interior lainnya menjadi satu.

  1. Gaya Minimalis

Sesuai dengan namanya, gaya minimalis akan memberikan kesederhanaan dalam ruangan anda dengan keindahan tersendirinya. Desainnya yang cenderung berbentuk akurasin ekstrim, tidak memberikan banyak detail atau motif dalam suatu ruangan serta ringannya latar belakang yang ditampilkan dengan perabotan yang simpel.

  1. Gaya Maroko

Tidak dapat dipungkiri bila Maroko merupakan salah satu negara yang memiliki sejarah besar. Bila anda merupakan penggemar dari negara tersebut dan ingin memiliki hunian yang bertema maroko anda dapat menerapkan desain interior bertema Maroko ini.

Desain interior Maroko akan menghadirkan tampilan dengan warna-warna cerah sebagai komponen arsitektur serta memberikan kesan sejarah yang kaya. Anda dapat pula memainkan warna ceria yang berupa cushion dengan motif etnik Maroko yang akan memberikan kesan manis dan chic

  1. Gaya kontemporer

Gaya kontemporer akan memberikan perpaduan konsep masa sekarang dan masa depan dengan menghadirkan suasana hangat dan dingin secara bersamaan. Tampilan dari desain ini cenderung bersih dan tidak banyak aksesoris dan perabotan didalam ruangan.

Penggunaan warna dasar dan halus menjadi keunikan dari gaya kontemporer ini. Serta gaya kontemporer sangat cocok untuk seseorang yang tidak menyukai keramaian perabotan maupun aksesoris ruangan didalam rumah.

  1. Gaya Coastal

Gaya Coastal atau bisa juga disebut sebagai nautical akan memberikan suasana liburan di pantai yang memberikan ketenangan. Gaya ini mengambil inspirasi dari cahaya matahari, pasir dan ombak yang ada dipantai. Jenis gaya ini akan membuat anda betah untuk berada lama didalam ruangan anda dan cocok untuk seseorang yang menyukai ketenangan.

  1. Gaya Rustic atau country

Apakah anda menyukai nuasa pedesaan dengan alam yang membuat anda tenang ? Gaya Rustic atau bisa disebut gaya country ini cocok untuk anda. Gaya yang mendapat pengaruh dari Perancis, Inggris serta klasik Scandinavia ini memiliki keunikan atas penekanan sesuatu yang alami, struktur yang dihadirkan kasar, elemen dari struktur furniture berupa batang pohon, cabang, goni dan kayu.

Adanya perabotan yang terbuat dari tangan ataupun daur ulang. Penggunaan gaya ini dapat anda temukan pada bangunan-bangunan yang terletak didesa maupun pegunungan. Funtitur yang dihadirkan diselesaikan dengan baik, dicat atau diboleh diberikan sedikit patina dengan warna-warna terang.

  1. Gaya Vintage

Gaya ini akan memberikan kesan kuno pada ruangan anda. Dengan perabotan dan aksesoris antic yang akan terpanjang ataupun peralatan klasik lainnya. Agar mendapatkan ruangan bergaya vintage ini anda bisa memilih perabotan rumah dengan material dasar kayu. Untuk pewarnaannya sendiri, anda cukup melapisi kayu dengan penis untuk menghadirkan kesan alami dan tetap terjaga.

  1. Gaya Skandinavia

Gaya ini sering disebut juga sebagai gaya Swedish. Tema yang dihadirkan dari gaya Scandinavia adalah perwakilan dari kehangatan dan keceriaan. Pada umumnya, gaya ini mampu memberikan kesan kasual dari berbagai perabotan dan aksesoris yang memberikan kesan simpel namun memberikan nilai ekstetika tersendiri.

  1. Gaya Retro

Diadaptasi dari gaya 50-an hingga 70-an, Gaya retro menghadirkan desain yang bahagia dengan struktur lucu, permainan warna dan motif-motif  yang akan ditemukan disetiap ruang seperti bentuk geometris, kotak-kotak, garis atau bahkan adanya ilustrasi pop art. Sehingga gaya ini bisa disebut gaya pop art.

  1. Gaya Klasik
Classic Living Room Interior Design

Gaya klasik akan memberikan kesan yang elegan dengan detail yang kaya dalam ruangan dididalam rumah anda serta pencahayaan ruangan anda. Furnitur yang diberikan biasanya berbentuk karya seni, ukiran atau bahkan desain yang mendetail. Serta adanya unsur sayuran, bunga atau berbagai motif lainnya.