Cara Menghilangkan Jerawat Batu di Hidung secara Alami agar Percaya Diri

Jerawat batu atau cystic acne merupakan salah satu jenis jerawat yang menjadi momok bagi semua orang. Jerawat batu merupakan jerawat yang memiliki ukuran besar, berwarna merah, dan juga meradang sehingga dapat menyebabkan wajah penderitanya menjadi bengkak. Selain menyebabkan wajah bengkak, jerawat batu juga menimbulkan rasa sakit, pedih, dan gatal. Bagi penderita jerawat batu, tidak hanya akan menghilangkan percaya diri tapi penderita juga akan merasa tidak nyaman dalam melakukan aktifitas sehari-hari.

Jerawat batu dapat tumbuh dibagian wajah mana saja, salah satunya di hidung. Jerawat batu yang tumbuh di hidung akan membuat si penderita semakin tidak percaya diri dan biasaya jerawat yang tumbuh di hidung akan lebih terasa gatal, pedih, dan sakit. Hidung memang merupakan bagian wajah yang paling sering berminyak sehingga memicu tumbuhnya jerawat batu yang ada dihidung. Hal yang harus diperhatikan bagi anda yang memiliki jerawat batu, jangan sesekali memencetnya karena pada saat anda memencet jerawat kemungkinan terjadinya infeksi akan sangat tinggi dari sebelumnya. Selain itu memencet jerawat juga akan menimbulkan bopeng pada wajah termasuk hidung sehingga dapat meninggalkan bekas jerawat yang pastinya akan membuat anda semakin tidak percaya diri.

Faktor-faktor penyebab timbulnya jerawat

Sebelum membahas mengenai cara alami menghilangkan jerawat batu di hidung, alangkah lebih baiknya jika kita mengetahui terlebih dahulu faktor-faktor apa saja yang dapat menyebabkan jerawat batu. Berikut ini beberapa penyebab munculnya jerawat:

  1. Perubahan hormon

Jerawat biasanya muncul akibat perubahan hormon di masa pubertas. Perubahan hormon tidak hanya dialami oleh para remaja yang mengalami pubertas, namun juga dapat menyerang perubahan hormon ini memiliki dampak buruk pada kelenjar minyak atau sebum yakni sebum terlalu banyak memproduksi minyak sehingga minyak yang berlebih dapat memicu timbulnya jerawat saat minyak pada kulit bercampur dengan kotoran dan sel kulit mati yang menyebabkan pori-pori tersumbat.

  1. Pori-pori tersumbat oleh kotoran dan sel kulit mati

Ketika lubang pori-pori tersumbat oleh kotoran dan sel kulit mati, maka bakteri penyebab jerawat akan muncul yang dikenal dengan sebutan bakteri Propionobacterium acnes. Bakteri ini dapat menyebabkan jerawat dan dapat menyebabkan iritasi pada kulit karena adanya zat iritan. Akibat dari iritasi tersebut biasanya dapat menyebabkan kulit wajah meradang, kemerahan dan bengkak. Selain itu bakteri ini juga dapat menyebabkan produksi nanah dalam kulit, hal inilah yang membuat jerawat batu menjadi pedih, gatal, dan sakit.

  1. Lapisan folikel rambut menebal

Perubahan hormon juga dapat menyababkan penebalan pada lapisan folikel rambut sehingga dapat menyumbat pori-pori kulit, hal ini tidak akan hilang meskipun sudah dibersihkan. Hal ini juga dapat menyebabkan jerawat batu.

Bahan alami yang dapat digunakan untuk menghilangkan jerawat batu di hidung

Banyak cara dalam mengatasi jerawat, hanya saja mengatasi jerawat dengan bahan alami sangat dianjurkan karena tidak menyebabkan efek samping. Berikut beberapa bahan alami yang dapat digunakan:

  1. Mahkota dewa

Mahkota dewa telah lama dipercaya sebagai bahan alami yang dapat mengobati jerawat batu. Mungkin sebagian dari anda tidak familiar dengan nama tanaman ini. Bagian mahkota yang digunakan sebagai obat jerawat adalah bagian buah dan daunnya. Caranya sebagai berikut:

  • Ambil beberapa helai daun mahkota dewa beserta umbinya, cuci bersih lalu kupas kulit dari umbinya
  • Haluskan kedua bahan dengan menggunaka blender atau secara manual.
  • Lalu tempelkan pada jerawat batu yang ada di hidung anda
  • Diamkan selama kurang lebih 15 menit, kemudian bilas menggunakan air hingga bersih
  1. Daun pepaya

Daun pepaya dapat membersihkan darah kotor yang ada di dalam tubuh. Untuk menghilangkan jerawat anda dapat mengkonsumsi daun pepaya dengan cara meminumnya. Caranya cukup mudah:

  • Ambil beberapa helai daun pepaya yang cukup tua, pilih daun pepaya yang memiliki bunga karena jika bukan pepaya yang berangkai tidak dapat digunakan untuk membersihkan darah kotor.
  • Cuci bersih daun pepaya kemudian tumbuk halus
  • Peras hasil tumbukan daun pepaya dengan menggunakan saringan
  • Kemudian minum setelah makan.
  1. Lidah buaya

Manfaat lidah buaya sudah tidak dapat diragukan lagi baik untuk kesehatan ataupun kecantikan. Lidah buaya dapat anda gunakan sebagai penghilang jerawat batu yang mengganggu karena mengandung anti bakteri dan anti peradangan yang baik untuk kulit. Gel pada lidah buaya juga dapat membuat kulit menjadi lebih lembab. Anda dapat menggunakannya sebagai masker wajah. Caranya:

  • Ambil daun lidah buaya yang memiliki ukuran agak besar, semakin besar batang lidah buaya maka gel yang terkandung juga semakin banyak.
  • Kupas kulit lidah buaya dan bersihkan getahnya, ambil bagian gel yang ada didalam daun lidah buaya.
  • Oleskan gel tersebut ke bagian wajah yang berjerawat atau ke seluruh bagian wajah, diamkan sekitar 30 menit jika sudah kering dan meresap bilas dengan menggunakan air dingin hingga bersih.

Pemakaian masker lidah buaya ini dapat anda gunakan secara rutin setiap hari agar mendapatkan hasil yang maksimal.

  1. Mengkudu

Sama halnya dengan daun pepaya, mengkudu ternyata juga dapat membersihkan darah kotor dari dalam sehingga wajah anda akan terbebas dari jerawat batu. Anda dapat mengkonsumsinya dengan cara dijadikan sebagai minuman. Adapun cara menggunakan buah mengkudu untuk dijadikan minuman adalah sebagai berikut:

  • Siapkan buah mengkudu yang masak kemudian cuci bersih
  • Siapkan air dalam panci dan masukkan mengkudu ke dalam air tersebut, tunggu hingga mendidih.
  • Setelah mendidih saring air mengkudu menggunakan saringan, lalu minum selagi hangat.

Anda dapat mengkonsumi air mengkudu ini dua kali seminggu untuk hasil yang maksimal dan membantu membersihkan darah kotor.

  1. Bawang putih

Bawang putih merupakan salah satu bumbu dapur yang dapat menjadi bahan alami untuk membantu anda menghilangkan jerawat batu yang ada di hidung. Bawang putih mengandung zat anti bakteri yang baik sehingga dapat membantu membunuh bakteri jahat yang menjadi penyebab timbulnya jerawat batu. Cara penggunaan bawang putih adalah sebagai berikut:

  • Siapkan satu siung bawang putih ukuran sedang, kemudian kupas kulitnya dan cuci bersih
  • Tumbuk bawang putih hingga halus
  • Lalu oleskan bawang putih yang sudah dihaluskan ke bagian yang terkena jerawat batu.
  • Tunggu dan diamkan kira-kira sampai 15 menit lalu bersihkan dengan menggunakan air dingin hingga benar-benar bersih agar pori-pori pada wajah dapat tertutup kembali.
  1. Es batu

Es batu ternyata juga bermanfaat untuk meredakan rasa gatal dan rasa pedih yang anda rasakan saat anda terkena jerawat batu di hidung. Menghilangkan jerawat di hidung dengan menggunakan es batu tergolong aman dan alami. Es batu yang digunakan lebih baik menggunakan air yang direbus terlebih dahulu karena air yang direbus minim akan virus dan bakteri sehingga aman untuk wajah anda. Cara menggunakan es batu untuk menghilangkan jerawat batu untuk hidung juga sangat mudah, lakukan cara berikut ini:

  • Bersihkan terlebih dahulu wajah dengan menggunakan air hangat agar pori-pori wajah terbuka
  • Ambil es batu secukupnya lalu tempelkan ke bagian hidung yang terkena jerawat batu. Tekan es batu dibagian jerawat seperti saat anda melakukan pemijatan pada wajah kurang lebih 2 hingga 4 menit
  • Setelah selesai keringkan wajah dengan menggunakan kain bersih dan lembut.
  • Tambahkan beberapa bahan alami seperti garam, minyak zaitun, air mawar atau daun sirih agar wajah anda menjadi lembab.

Itulah beberapa cara yang dapat anda gunakan untuk menghilangkan jerawat batu di hidung yang mengganggu. Semoga artikel ini bermanfaat.