Cara Mudah Menghilangkan Bekas Jerawat dan Komedo secara Alami

Setelah jerawat anda hilang bukan berarti masalah anda selesai, adanya bekas jerawat di wajah menjadi masalah berikutnya yang harus anda atasi. Bekas jerawat berupa noda hitam di wajah biasanya akan tetap terlihat dan sulit dihilangkan. Adanya noda hitam bekas jerawat dapat secara tidak langsung akan mempengaruhi penampilan anda, kebanyakan orang menjadi tidak percaya diri akibat adanya bekas jerawat di wajah.

Noda bekas jerawat diwajah akan membuat wajah anda tidak terlihat fresh, kusam, dan warna kulit tidak merata. Selain bekas jerawat, komedo juga merupakan masalah kulit yang sulit untuk diatasi atau dihilangkan terutama bagi para wanita yang memiliki kulit wajah yang berminyak. Beberapa orang yang memiliki masalah komedo biasanya mengatasinya dengan sabun pembersih wajah yang belum tentu dapat mengatasi komedo hingga ke akarnya yang mengakibatkan komedo sering muncul kembali dan membuat kulit wajah menjadi kering.

Ada berbagai solusi dalam menghilangkan bekas jerawat dan komedo yang ada di wajah, namun solusi yang paling aman adalah dengan menggunakan bahan-bahan herbal alami yang berkhasiat untuk membantu menghilangkan bekas jerawat dan juga komedo yang ada di wajah. penggunaan bahan-bahan alami dirasa paling aman daripada penggunaan kosmetik pemutih dan penghilang noda yang masih belum jelas legalitasnya.

Berikut bahan dan cara merawah kulit dan membersihkan wajah secara alami

  1. Tomat

Tomat yang biasanya kita gunakan sebagai pelengkap tumisan atau biasa dibuat sambal ternyata memiliki khasiat menghilang bekas jerawat dan komedo yang ada di wajah. tomat memiliki vitamin C yang bermanfaat untuk kesegaran kulit, selain itu tomat juga mengandung vitamin E yang dapat mengangkat sel-sel kulit mati dan dapat mengecilkan pori-pori kulit sehingga produksi minyak dapat diminimalisir dan pertumbuhan komedopun dapat dicegah. Anda cukup menjadikan tomat sebagai masker dengan cara berikut ini:

  • Bersihkan wajah dengan pembersih atau sabun yang sesuai dengan jenis kulit anda lalu keringkan.
  • Siapkan tomat yang masih segar, cuci bersih lalu potong-potong.
  • Letakkan potongan tomat pada bagian wajah yang terdapat bekas jerawat dan komedo.
  • Diamkan selama 20 menit lalu bilas menggunakan air hingga bersih. Anda dapat melakukan perawatan wajah ini secara teratur 2 sampai 3 kali seminggu
  1. Kulit jeruk

Ternyata kulit jeruk yang biasanya anda buang juga memiliki khasiat dalam mengatasi bekas jerawat dan komedo yang ada di wajah anda secara bersamaan. Kulit jeruk memiliki banyak nutrisi yang sangat bermanfaat dalam mengatasi masalah komedo dan bekas jerawat. Kandungan yang ada dalam kulit jeruk adalah asam alapha hidroksi alami yang bisa mengangkat sel-sel kulit mati. Selain itu kulit jeruk juga memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi yang bermanfaat untuk memicu produksi kolagen pada kulit wajah sehingga kulit wajah akan halus sehingga mempercepat penyembuhan komedo dan bekas jerawat. Cara penggunaanya seperti berikut ini:

  • Siapkan kulit jeruk yang sudah dikeringkan sebentar di bawah sinar matahari
  • Tumbuk halus kulit jeruk kering hingga halus, lalu campurkan dengan sedikit air
  • Oleskan masker kulit jeruk ke seluruh wajah atau hanya pada bagian yang terkena komedo dan bekas jerawat.
  • Tunggu dan diamkan hingga kering dan meresap kira-kira sekitar 15 menit
  • Bilas denan menggunakan air hingga bersih. Anda dapat menerapkan metode ini sekali sehari secara rutin
  1. Putih telur

Putih telur merupakan bahan alami yang juga dapat anda gunakan untuk mengatasi masalah bekas jerawat dan komedo yang membandel. Putih telur mengandung salah satu sumber vitamin B kompleks yang terbesar, vitamin ini memiliki manfaat untuk menutrisi kulit wajah sehingga kulit wajah menjadi sehat karena dapat mengangkat sel-sel kulit mati sekaligus cepat dalam memperbaiki sel kulit yang rusak. Kandungan yang ada dalam telur ini dapat secara efektif mengatasi masalah bekas jerawat dan komedo. Adapun cara menghilangkan bekas jerawat dan komedo dengan menggunakan putih telur adalah sebagai berikut:

  • Siapkan satu butir telur, pisahkan antara bagian putih dan kuningnya
  • Oleskan putih telur ke bagian wajah yang terdapat komedo yang bekas jerawat.
  • Diamkan kurang lebih sekitar 30 menit hingga wajah menjadi kaku
  • Kemudian cuci wajah dengan menggunakan air bersih dan keringkan dengan handuk bersih.

Untuk hasil yang maksimal anda dapat menambahkan madu ke dalam masker dan gunakan masker putih telur ini secara rutin 1 kali sehari.

  1. Lemon

Lemon merupakan buah yang sudah tidak diragukan lagi kesegarannya. Selain segar untuk diminum dan dapat menghilangkan racun dalam tubuh, lemon juga berkhasiat untuk menghilangkan bekas jerawat dan komedo yang ada di wajah. Lemon memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi sehingga mampu untuk menyehatkan kulit dan dapat memicu produksi kolagen pada kulit sehingga kulit akan menjadi lebih halus. Selain itu lemon memiliki kandungan asam sitrat yang dapat mengangkat sel-sel kulit mati sehingga pori-pori menjadi bersih bebas dari komedo dan bekas jerawat. Caranya juga mudah:

  • Siapkan 1 buah lemon, cuci bersih kemudian potong buah lemon menjadi dua bagian lalu peras.
  • Oleskan perasan air lemon ke bagian kulit wajah yang ada bekas jerawatnya, lalu diamkan sekitar 30 menit.
  • Jika air perasan lemon telah kering dan meresap, bilas dengan menggunakan air bersih
  • Gunakan masker perasan air lemon sehari sekali secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal
  1. Madu murni

Penggunaan madu murni selain memiliki manfaat bagi kesehatan, madu juga bermafaat bagi kecantikan kulit dan wajah. Madu dapat anda gunakan sebagai masker wajah yang mampu menghilangkan komedo dan bekas jerawat. Caranya juga cukup sederhana, oleskan madu murni pada wajah tanpa campuran apapun, diamkan kurang lebih 30 menit hingga madu meresap dan mengering lalu bilas dengan menggunakan air hingga bersih. Madu memiliki manfaat untuk kulit karena memiliki kandungan anti bakteri sehingga dapat mengangkat komedo dan menghilangkan bekas jerawat.

  1. Metode Uap

Untuk menghilangkan komedo dan bekas jerawat anda juga dapat mencoba metodi ini. Dengan menggunakan metode ini, pori-pori wajah akan terbuka sehingga dapat menyingkirkan kotoran maupun sel-sel kulit mati yang dapat menyumbat pori-pori. Selain itu metode uap juga dapat mempengaruhi kelenjar sebasea dengan mengurangi produksi sebum pada kulit, hal ini akan membuat kulit anda bebas dari minyak sehingga mencegah adanya komedo dan bekas jerawatpun akan menghilang.

Cara menghilangkan komedo dan bekas jerawat dengan metode uap

  • Siapkan 4 gelas air bersih, tuangkan ke dalam panci lalu didihkan air tersebut
  • Setelah mendidih, dekatkan wajah anda ke panci sehingga uap air dapat menembus masuk ke dalam pori-pori
  • Jika anda merasa kulit wajah anda menjadi panas, makan jauhkan sebentar kulit anda dari panci. Ulangi hingga beberapa kali sampai anda merasa wajah anda enteng dan bersih.
  • Tepuk-tepuk kulit wajah dengan menggunakan handuk bersih, lakukan metode ini secara rutin setiap hari.

Itulah beberapa cara alami yang dapat anda lakukan untuk menghilangkan bekas jerawat dan komedo membandel di wajah. semoga bermanfaat.