Kandungan Zat dan Manfaat Buah Leci yang Baik Bagi Kesehatan

Cantik dan menggairahkan, ini dia buah berwarna merah merona yang selalu membuat orang yang melihatnya tergugah untuk langsung memakannya. Ya, buah leci. Buah leci merupakan salah satu buah yang banyak disukai karena rasanya yang nikmat dan manis. Buah leci tidak hanya nikmat saat dimakan langsung, tapi buah yang satu ini juga sering kali dijadikan pelengkap es buah atau pun sejenisnya.

Memiliki kulit berwarna merah dan daging berwarna putih halus, buah yang satu ini banyak ditemukan. Bahkan di Supermarket pun buah leci banyak ditemukan dalam bentuk kaleng. Meskipun sering mengkonsumsi buah leci, sudahkah Anda mengetahui apa saja manfaat buah leci bagi kesehatan tubuh Anda? Nah, untuk itu baca terus sampai selesai karena kali ini kita akan membahas manfaat buah leci bagi kesehatan tubuh.

  1. Mencegah Kanker  

Manfaat buah leci yang pertama yaitu dapat mencegah penyakit kanker. Telah kita ketahui penyakit kanker merpakan salah satu penyakit yang sangat berbahaya. Bahkan dulu penyakit kanker ini masih belum ada obat yang cukup manjur untuk mengalahkan sel-sel kanker ini. Salah satu opsi yang paling tepat tentunya Anda harus memiliki pola hidup sehat untuk mencegah terjadinya penyakit kanker dalam tubuh Anda. Salah satunya yaitu dengan mengkonsumsi makanan yang baik. Buah leci merupakan salah satu buah yang tidak hanya nikmat ternyata memiliki manfaat yang baik untuk mencegah penyakit kanker. Dengan mengkonsumsi buah leci dapat mengurangi resiko kanker.

  1. Menjaga kesehatan Jantung

Selain dapat mencegah penyakit kanker, buah dengan kulit berwarna merah ini memang kaya akan kandungan gizi yang baik untuk tubuh. Terbukti buah leci memiliki kandungan polifenol yang bermanfaat baik untuk menjaga kesehatan organ jantung Anda. Selain olahraga dan mengkonsumsi makanan yang rendah lemak, konsumsilah buah leci untuk menjaga kesehatan jantung Anda.

  1. Menjaga kesehatan tulang

Dibalik kandungan polifenol nya yang mampu menjaga kesehatan jantung, buah leci mengandung zat lain yang mampu menjaga kesehatan tulang Anda. Zat tersebut yaitu fosfor dan magnesium.  Tidak hanya itu buah yang satu ini juga mengandung seng dan tembaga yang mampu membantu meningkatkan produktifitas Vitamin D dimana kita ketahui salah satu manfaat vitamin D baik untuk memperkuat tulang.

  1. Meningkatkan Sistem Imun

Lain dengan kandungan Vitamin D yang mampu meningkatkan kekuatan tulang, buah leci ternyata memiliki kandungan Vitamin C yang cukup tinggi yang berfungsi baik untuk mencegah radikal bebas karena peningkatan sistem imun atau kekebalan tubuh oleh Vitamin C tersebut.

  1. Menangkal Radikal Bebas

Kandungan Vitamin C yang cukup tinggi pada buah leci tidak hanya mampu meningkatkan sistem imun tubuh tapi juga mampu meningkatkan produksi antioksidan. Zat antioksidan tersebutlah yang berfungsi baik untuk menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan berbagai penyakit.

  1. Membantu Metabolisme Tubuh

Menjaga metabolisme tubuh merupakan hal yang penting karena jika metabolisme tubuh tidak seimbang tentunya dapat memberikan akibat negatif terhadap kesehatan tubuh Anda. Buah leci merupakan salah satu buah yang baik Anda konsumsi yang mampu memberikan manfaat untuk membantu melancarkan metabolisme tubuh Anda. Hal tersebut karena buah leci memiliki kandungan zat yang mampu melancarkan metabolisme tubuh seperti Vitamin B kompleks, folat, niasin, tiamin dan riboflavin.

  1. Mencegah penuaan dini

Manfaat buah leci bagi kesehatan tubuh berikutnya yaitu dapat mencegah penuaan dini. Kandungan vitamin C serta antioksidan yang terdapat pada buah leci ini dapat menghambat penyebab penuaan dini yaitu radikal bebas. Bagi Anda yang menginginkan kulit yang sehat dan awet muda, buah leci bisa dikonsumsi secara rutin untuk mencegah penuaan dini.

  1. Baik untuk kesehatan kulit

Ingin memiliki kulit yang bersih, sehat dan mulus? Tentunya perlu perjuangan salah satunya yaitu dengan mengkonsumsi makanan sehat. Buah leci bisa dijadikan salah satu asupan penting yang bisa Anda konsumsi untuk mendapatkan kulit tubuh yang cantik dan sehat dimana buah leci memilki kandungan Vitamin C yang mencerahkan, Vitamin E dan antioksidan yang mampu menjaga kulit agar tetap sehat dan lembab.

  1. Menjaga Kesehatan Rambut

Bagi wanita rambut adalah salah satu aset penting. Bahkan rambut diibaratkan dengan mahkota. Untuk itu menjaga kesehatan rambut agar tetap kuat dan sehat merupakan hal penting. Solusi untuk menjaga rambut agar tetap sehat tidak lain adalah dengan mengkonsumsi buah leci. Mengapa buah leci? Buah leci diperkaya kandungan zat bergizi berupa vitamin dan mineral yang memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan organ tubuh salah satunya yaitu rambut.