Manfaat dan Kandungan Gizi Buah Kedondong bagi kesehatan tubuh

Saat kepala pusing, ngidam biasanya salah satu makanan yang bikin ngiler yaitu rujak. Saat mengkonsumsi rujak buah, dari sekian banyak buah yang ada pada salah satunya yaitu buah kedondong. Buah kedondong tidak hanya renyah tapi juga memilki rasa yang masam dan menyegarkan tapi ada juga jika sudah terlalu masak, buah kedondong memiliki rasa yang manis.

Buah kedondong memang paling nikmat dijadikan rujak, salah satu olahan buah kedondong yang tidak kalah nikmat yaitu kedondong geprek dengan bumbunya yang pedas manis. Nah, bagi Anda yang suka mengkonsumsi buah kedondong, Tahukah Anda manfaat dari mengkonsumsi buah kedondong bagi kesehatan tubuh Anda? Untuk menambah pengetahuan Anda, berikut ini beberapa manfaat buah kedondong bagi kesehatan tubuh Anda.

  1. Mengobati Penyakit Batuk

Manfaat pertama yang bisa Anda dapatkan dari buah kedondong yaitu dapat mengobati penyakit batuk. Dengan mengkonsumsi buah kedondong yang sudah dihaluskan dan ditambahkan garam, penyakit batuk Anda dapat di atasi.

  1. Mengatasi penyakit diare

Selain dapat mengobati penyakit batuk, manfaat lain yang didapat dari mengkonsumsi buah kedondong yaitu dapat mengatasi penyakit diare. Buah kedondong memiliki kandungan zat anti bakteri yang berfungsi untuk mengatasi bakteri bakteri jahat penyebab terjadinya diare.

  1. Mengobati penyakit anemia

Saat Anda mengalami mudah pusing, letih , lesuh, ingat itu adalah gejala anemia. Itu artinya tubuh Anda mengalami kekurangan sel darah merah. Lalu bagaimana cara mengatasi masalah anemia tersebut? Banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi anemia bahkan banyak obat yang tersedia di warung yang menawarkan manfaat untuk mengobati penyakit anemia. Namun salah satu alternatif yang paling aman yaitu mengkonsumsi buah yang mengandung zat besi yang cukup tinggi yaitu buah kedondong. Buah kedondong merupakan salah satu buah yang memiliki manfaat untuk mengobati penyakit anemia karena mengandung zat besi. Selain itu mengatasi anemia dengan buah kedondong jauh lebih aman ketimbang mengkonsumsi obat generik.

  1. Mencegah penyakit jantung

Buah-buahan memang memiliki kandungan gizi yang baik untuk menutrisi tubuh. Buah kedondong sekalipun. Tidak banyak yang tahu bahwa buah yang memiliki biji berduri ini ternyata memiiliki kandungan gizi ynag baik untuk mencegah penyakit jantung.

  1. Menjaga kesehatan mata

Manfaat buah kedondong bagi kesehatan yang keempat yaitu dapat menjaga kesehatan mata. Dibalik rasanya yang sedikit asam, buah kedondong memiliki kandungan Vitamin A yang baik untuk kesehatan mata Anda.

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Meningkatkan daya tahan tubuh sangatlah penting agar tubuh tidak mudah terserang penyakit. Nah, buah kedondong pun termasuk ke dalam salah satu buah yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh karena kandungan gizi dari Vitamin C nya yang cukup tinggi yang berperan dalam meningkatkan sistem imun sehingga daya tahan tubuh tetap terjaga.

  1. Mengandung antioksidan

Dengan kandungan Vitamin C yang terdapat pada buah kedondong, buah yang satu ini tentunya memiliki kandungan zat antioksidan yang memiliki manfaat baik untuk mencegah radikal bebas yang dapat mengganggu kesehatan tubuh Anda.

  1. Menyembuhkan luka

Saat tubuh terluka, makanan yang kita konsumsi akan mempercepat penyembuhan luka karena dapat berfungsi untuk produksi sel-sel baru. Untuk itu mengkonsumsi makanan yang sehat sangatlah berpengaruh. Nah, jika Anda menginginkan luka Anda cepat sembuh, kedondong merupakan salah satu buah yang bisa Anda konsumsi.

  1. Mencegah penuaan dini

Buah yang mengandung vitamin c dan antioksidan berfungsi baik untuk mencegah penuaan dini. Begitupun dengan buah kedondong. Buah kedondong memiliki kandungan Vitamin C dan antioksidan yang mampu mencegah tanda-tanda penuaan dini seperti kulit keriput, noda hitam atau flek dan tanda penuaan dini lainnya.

  1. Mengontrol kadar kolesterol

Mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak kolesterol sangatlah berbahaya, Jika sudah menumpuk di dalam tubuh tentunya akan membahayakan kesehatan. Jika sudah terlanjur, konsumsilah buah kedondong. Buah kedondong merupakan salah satu buah yang memiliki manfaat baik untuk mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh.

  1. Menjaga Kesehatan Gigi

Meskipun terkenal dengan rasanya yang masam, buah kedondong memiliki manfaat yang baik untuk tubuh yaitu dapat menjaga kesehatan gigi. Buah kedondong memiliki kandungan kalsium dan fosfor yang baik untuk meningkatkan kesehatan gigi sehingga gigi menjadi lebih kuat.

  1. Menjaga Kesehatan Tulang

Selain bermanfaat baik untuk menjaga kesehatan gigi, kandungan kalsium dan fosfor yang terdapat pada buah kedondong juga memiliki manfaat baik untuk kesehatan tubuh lainnya yaitu dapat menjaga kesehatan tulang. Dimana kita tahu kalsium dan fosfor sangatlah baik untuk menutrisi tulang sehingga tulang menjadi sehat dan kuat.