Cara Penyembuhan Mata Bengkak, Penyakit Organ Penglihatan yang Mengganggu

Mata merupakan salah satu komponen tubuh yang membuat penampilan Anda semakin menarik. Selain itu, mata juga menjadi salah satu panca indera yang sangat penting, karena dengan mata Anda dapat melihat semua yang ada di sekeliling Anda, maka dari itulah Anda harus menjaga sebaik-baiknya organ penglihatan Anda supaya terhindar dari penyakit mata, salah satunya adalah mata bengkak.

Apakah Anda sudah pernah terbangun dari tidur dengan mata yang tiba-tiba bengkak? Tentu saja hal itu akan sangat membuat Anda frustasi, bukan? Anda juga akan merasa tidak percaya diri dengan adanya bengkak pada mata Anda, sehingga akan membuat Anda terus berada di rumah dan berhenti beraktifitas di luar rumah.

Untuk menyembuhkan mata bengkak, Anda perlu mengetahui penyebabnya, seperti terlalu banyak menangis, perubahan cuaca, akibat alergi, dan sebagainya. Untuk lebih lengkapnya, berikut ini adalah beberapa penyebab yang dapat mengakibatkan mata bengkak.

  1. Sakit mata

Penyebab ini pada umumnya karena tertular virus dari seseorang, karena sakit mudah sekali menular ke orang lain. Gejala yang ditimbulkan yaitu, mata bengkak, mata berair, perih, serta terasa gatal pada mata.

  1. Kelilipan

Mata bengkak juga bisa terjadi karena kelilipan. Kenapa bisa? Karena jika mata Anda terkena debu ataupun benda kecil lainnya dan tidak ditangani dengan segera, maka dapat menyebabkan pembengkakan pada mata Anda. Kalau Anda tidak menanganinya dengan serius, maka akan berlanjut menjadi iritasi di sekitar kelopak mata.

  1. Menangis

Sudah sangat jelas kalau Anda menangis terlalu, mata Anda pasti akan menjadi bengkak dan memerah. Hal tersebut terjadi karena pada kelenjar mata di sekitar kelopak mata ada retensi.

  1. Terserang flu

Begitu pula saat Anda terjangkit flu. Pada kelenjar mata di sekitar kelopak mata akan timbul retensi yang mengakibatkan mata Anda bengkak dan merah.

  1. Mengkonsumsi alkohol dan narkoba

Kalau Anda sering minum alkohol secara berlebihan dan memakai narkoba juga, maka bisa mengakibatkan mata memerah dan terjadi pembengkakan.

Lalu, bagaimana cara mengobatinya tanpa Anda harus pergi ke dokter? Apalagi kalau Anda menginginkan cara yang cepat untuk mata kembali normal. Berikut ini adalah beberapa cara mengobati mata bengkak dengan bahan maupun cara yang alami.

  1. Minum banyak air putih

Langkah awal yang sangat mudah yang bisa Anda lakukan sebelum memakai cara lain adalah dengan meminum banyak air putih. Saat tubuh Anda memiliki kebutuhan air yang cukup, kemungkinan di sekitar mata akan terjadi penumpukan cairan yang menyebabkan pembengkakan pada mata dapat mengecil.

Sebaiknya, Anda minum air putih sebanyak 8 sampai 10 gelas sehari. Hindari minuman bersoda terlebih dahulu, karena akan membuat tubuh Anda cepat terhidarasi. Selain dapat mengecilkan pembengkakan mata, air putih juga dapat mengurangi racun dari dalam.

  1. Sendok dingin

Walaupun cara ini terdengar aneh, tapi hal ini merupakan salah satu cara yang cepat dalam mengecilkan mata bengkak Anda. Caranya pun juga sangat mudah. Cuci 5 sampai 6 sendok terlebih dahulu, lalu masukkanlah ke dalam freezer. Tunggu sekitar 10 sampai 15 menit, ambil 1 sendok, kemudian letakkan sendok tersebut ke mata yang bengkak sambil mata terpejam.

Perlahan-lahan, sendok tersebut akan menghangat dan mata bengkak Anda akan mulai mengecil. Kalau masih ada pembengkakan, ulangi lagi dengan sendok baru yang ada di freezer. Sebaiknya, Anda gunakan sendok yang sesuai dengan mata Anda. Jangan terlalu besar atau terlalu kecil.

  1. Kantung teh

Anda bisa memilih segala jenis kantung teh, karena kantung teh bisa menyembuhkan mata bengkak secara efektif. Kenapa bisa? Karena daun teh yang ada di kantung mempunyai zat anti iritan yang bisa mengecilkan mata bengkak. Cara ini juga cocok kalau mata bengkak Anda terjadi kemerahan, karena bisa mengurangi peradangan tersebut.

Cara pemakaiannya sebagai berikut.

  • Dinginkan 2 kantung teh ke dalam kulkas selama kurang lebih 30 menit (kantung teh yang digunakan dari yang sudah diseduh).
  • Kompres mata Anda yang bengkak dengan kantung teh tersebut dan diamkan selama 10 sampai 15 menit.
  • Anda bisa mengulanginya sampai mata bengkak Anda sembuh.
  1. Putih telur

Selain berfungsi untuk mengencangkan kulit wajah, putih telur bisa digunakan untuk mengurangi mata bengkak. Selain itu, kalau Anda mulai terlihat kantung mata dan kerutan, Anda juga dapat memaskerinya dengan putih telur. Bagaimana cara menyembuhkan mata bengkak dengan putih telur?

  • Pisahkan kuning telur dengan putih telurnya.
  • Kocok terus putih telurnya sampai benar-benar kaku.
  • Oles putih telur tersebut ke bagian mata yang bengkak.
  • Diamkan sampai benar-benar mengering dan bilas dengan air hangat.
  1. Kentang

Selain enak dimakan, kentang ternyata sangat ampuh sebagai obat alami mata bengkak. Kentang memiliki zat anti peradangan yang bisa mengurangi pembengkakan di bawah mata maupun kantung mata. Cara penggunaannya yaitu:

  • Kupas kentang dan cuci sampai bersih.
  • Parut kentangnya (mentah) dan letakan pada kain perca, lalu ikat kainnya.
  • Letakkan kain tersebut di mata Anda yang bengkak dan biarkan cairan kentangnya membasahi mata Anda.
  • Lakukanlah sebanyak 2 kali sehari sampai mata Anda sembuh.
  1. Air garam

Bahan yang paling sederhana, Anda dapat menggunakan air hangat yang sudah dicampurkan garam untuk menyembuhkan mata bengkak Anda. Cukup kompres mata bengkak Anda dengan kain atau kapas yang sudah dibasahi air hangat dan garam. Diamkan selama 10 sampai 15 menit. Lakukanlah sampai mata Anda benar-benar sembuh.

Air garam tersebut bekerja sebagai penghilang timbunan cairan yang ada di daerah sekitar mata yang mata menjadi bengkak.

  1. Air dingin

Kalau mata bengkak Anda terjadi karena kurang tidur, Anda bisa menyembuhkan hanya dengan mengompresnya menggunakan air dingin. Air dingin tersebut berfungsi untuk mengecilkan pembuluh darah pada mata bengkak, sehingga dapat mengurangi pembengkakan mata.

  1. Strowberi

Buah yang enak dimakan ini, ternyata dapat juga sebagai obat alami penyembuh mata bengkak, karena strowberi mempunyai zat asam alfa hidroksi yang mampu mengencangkan kulit, sehingga sangat ampuh mengembalikan lapisan kulit di sekitar mata bengkak.

Caranya sangat mudah. Anda hanya mendinginkan beberapa buah stroberi ke dalam kulkas selama kurang lebih 30 menit. Lalu, irislah secara tebal-tebal dan letakan pada mata yang bengkak (mata dipejamkan) selama sekitar 15 sampai 20 menit. Ulangi terus sampai mata Anda sembuh.

  1. Aloe vera

Lidah buaya atau aloe vera mengandung vitamin E dan antioksidan yang mampu menyembuhkan pembengkakan pada mata secara efektif. Cukup oleskan sedikit gel lidah buayanya ke bagian mata yang bengkak dan tunggu beberapa menit, lalu bilaslah dengan air hangat.

Gel tersebut akan akan membuat pembuluh darah bekerja untuk mengalirkan darah dengan lebih lancar, sehingga dapat mengurangi pembengkakan pada mata Anda. Perlu Anda ingat, jangan oleskan pada bagian yang dekat dengan dalam mata, karena kalau terkena gelnya, akan membuat mata Anda sangat perih.