Cara Jitu Mengatasi Bibir Kering Agar Menjadi Merah Merekah Alami

Mengapa Bibir Bisa Kering dan Pecah-Pecah? Bibir merupakan bagian wajah yang tidak luput dari permasalahan harus ditangani dengan tepat. Salah satu permasalahan yang dikeluhkan biasanya adalah bibir terasa kering bahkan sampai pecah-pecah. Kondisi bibir yang semacam ini membuat wanita tidak percaya diri karena mereka mengidamkan bibir sehat. Bibir sehat ditandai dengan kondisinya yang lembab dan warnanya memerah alami.

Bibir yang kering dan pecah-pecah memiliki beragam penyebab, antara lain:

  1. alergi terhadap lipstik
  2. kurangnya asupan vitamin C, A, B, dan B2
  3. kebiasaan melumat bibir dan membasahinya dengan air liur
  4. penggunaan pasta gigi yang kandungannya tidak bersahabat dengan jenis kulit
  5. penggunaan obat-obatan tertentu
  6. dehidrasi
  7. kondisi iklim

Bagaimana Solusi untuk Mengatasi Bibir Kering?

  1. Perbanyak minum air putih. Air putih memang memiliki sejuta manfaat yang sangat baik bagi tubuh dari mulai solusi diet sehat dan ampuh sampai menjaga kelembaban kulit. Selain itu, dengan mengonsumsi air putih secara rutin, maka akan terjadi proses detoksisasi sehingga membuat Anda sering buang air kecil untuk membuang racun. Selain itu, kelembaban kulit akan terjaga dengan memperbanyak minum air putih karena air putih sanggup mengembalikan cairan tubuh yang hilang. Otomatis, kulit bibir Anda pun akan terjaga kelembabannya dari dalam. Terbukti juga bahwa orang yang teratur minum air putih memiliki kulit yang bagus, lembab, kenyal serta bening dibanding yang tidak teratur.
  1. Konsumsi buah-buahan yang kaya akan kandungan vitamin C. Bukan rahasia lagi kalau vitamin C sangat dibutuhkan bagi tubuh dengan kadar tertentu. Walaupun sudah banyak serbuk, minuman, pil atau pun permen yang diklaim mengandung vitamin C yang notabene lebih praktis dikonsumsi dan mudah didapat, Anda tetap harus memprioritaskan buah-buahan. Mengatasi bibir kering dengan kandungan vitamin C dari alam jauh lebih baik karena terjamin kualitas dan keamanannya. Buah-buahan yang kaya akan vitamin C antara lain jeruk, tomat, mangga, jambu biji, nanas, strawberry, kiwi, pepaya, semangka, pisang dan lain sebagainya. Jenis buah tersebut juga mudah didapat dan bisa dikonsumsi sesuai keinginan.
  1. Oleskan madu secara rutin. Selain buah-buahan, bahan alami lain yang mampu mengembalikkan kesehatan bibir adalah madu. Pastikan bahwa madu yang Anda beli adalah madu murni agar kasiatnya terjamin. Madu murni memiliki kandungan nutrisi tinggi yang mampu membuat bibir senantiasa lembab. Selain itu, bibir juga akan merah alami secara perlahan. Untuk mendapatkan bibir yang lembab, cara penggunaan madunya cukup mudah. Anda hanya perlu mengoleskan madu di seluruh bagian bibir secara merata. Sebaiknya pakailah sebelum tidur agar madu dapat meresap dengan baik selama semalaman atau bisa digunakan di waktu kapanpun yang Anda inginkan. Setelah pengaplikasian biarkan beberapa menit agar madu meresap sempurna.
  1. Oleskan minyak kelapa. Cairan alami lainnya yang bisa mengatasi bibir kering adalah minyak kelapa atau dikenal dengan virgin coconut oil (VCO). Seperti halnya madu, minyak kelapa memiliki kandungan yang mampu mengembalikan kelembaban bibir sekaligus menjaganya. Sebelumnya cermatilah ketika akan membeli minyak kelapa agar terhindar dari minyak yang abal-abal. Minyak kelapa ini bisa diaplikasikan secara merata pada bibir setiap dua jam sekali atau pun setiap Anda memiliki waktu luang. Karena teksturnya yang seperti minyak, sebaiknya oleskan secara perlahan dan jangan langsung banyak agar tidak meluber. Minyak kelapa ini memiliki aroma yang khs dan bagi yang tidak suka bisa mengganti dengan madu.
  2. Oleskan minyak zaitun secara rutin. Belum bisa mendapatkan madu murni dan tidak suka dengan aroma minyak kelapa? Maka alternatif untuk mengatasi bibir kering adalah minyak zaitun. Minyak zaitun sudah terkenal manfaatnya dari mulai diminum, digunakan sebagai minyak goreng sampai dioleskan di bagian tertentu. Kandungannya mampu memberi kelembaban pada kulit. Pengaplikasian minyak zaitun pun sama yaitu dioleskan secara merata di permukaan bibir kemudian diamkan semalaman apabila Anda menggunakannya sebelum tidur. Penggunaan minyak zaitun pun fleksibel kapanpun Anda memiliki waktu longgar. Selain memberi kelembaban, minyak zaitun ini juga memiliki khasiat yang mampu membuat bibir merah merona alami apabila digunakan secara rutin.
  3. Gunakan lidah buaya. Bahan alami memang selalu menjadi pilihan yang menjamin. Anda bisa mengatasi bibir kering dengan tanaman yang bisa didapatkan secara mudah, lidah buaya. Lidah buaya sudah tidak perlu diragukan lagi khasiatnya bagi kesehatan dan kecantikan tubuh. Untuk itu, lidah buaya sangat cocok digunakan sebagao solusi yang tepat. Cara menggunakan madu untuk melembabkan bibir pun gampang. Pertama kupaslah lidah buaya sampai kulitnya terlepas sempurna, kemudian iris-iris menjadi beberapa bagian. Setelah itu, tumbuklah lidah buaya menggunakan sendok atau lainnya. Gunanya adalah agar lidah buaya menjadi seperti gel sehingga mudah ketika dioleskan ke bibir. Setelah halus, oleskan secara merata pada bibir. Apabila tidak ingin bersusah-susah menghaluskannya, setelah lidah buaya di kupas dan dicuci, Anda bisa langsung mengoleskannya pada permukaan bibir secara perlahan. Pastikan bahwa gel lidah buaya menempel di seluruh permukaan bibir. Setelah itu diamkan beberapa saat agar meresap dengan baik. Lidah buaya ini bisa digunakan kapan pun Anda memiliki waktu luang.
  1. Manfaatkan kelopak mawar. Mengatasi bibir kering juga bisa menggunakan bunga mawar, lho! Bunga lambang cinta ini ternyata juga mampu memberikan kelembaban pada bibir Anda dan membuatnya merah merona secara alami. Caranya mudah yaitu dengan menumbuk beberapa kelopak bunga mawar sampai halus kemudian tambahkan beberapa tetes gliserin lalu diaduk-aduk sampai tercampur. Setelah selesai, oleskan campuran tersebut secara merata pada seluruh permukaan bibir lalu diamkan. Sebaiknya, oleskan ketika akan menjelang tidur dan biarkan selama semalaman agar dapat bekerja dengan maksimal. Kelopak mawar dengan tambahan cairan gliserin ini memiliki kandungan yang berkhasiat menjaga kesehatan bibir Anda sekaligus mempertahankan agar warna alami bibir tetap terjaga.
  2. Gunakan mentimun. Selain buah, bunga, dan tanaman, sayuran yang kita konsumsi sehari-hari juga bisa menjadi obat ampun untuk mengatasi bibir kering. Mentimun memiliki kandungan air yang dipercaya dapat menjaga kelembaban kulit termasuk kulit bibir. Oleh karena itu, mengonsumsi mentimun secara rutin dapat membuat kulit Anda terlihat segar dan awet muda. Cara penggunaan mentimun untuk bibir kering sangat mudah. Pertama kupas mentimun terlebih dahulu, kemudian dicuci. Setelah itu, potong menjadi beberapa bagian dan haluskan. Lalu oleskan secara merata pada bibir yang kering tersebut. Setelah itu diamkan beberapa saat sampai air mentimun meresap di kulit bibir. Gunakan secara rutin untuk hasil yang maksimal. Apabila ingin lebih praktis lagi, setelah dikupas dan dicuci, Anda bisa langsung mengoleskan timun di bibir secara merata dan perlahan. Kemudian biarkan sampai beberapa menit agar air mentimun meresap. Tandanya adalah permukaan bibir sudah tidak terasa begitu basah oleh air mentimun tadi. Setelah itu, dilap menggunakan tisu atau lap yang dibasahi air dingin.