Cara Ampuh Mengatasi Perut Kembung Agar Kamu Bebas Bergerak Kembali

Kondisi perut yang kembung memang tidak nyaman dirasakan karena kita akan merasa sesak, penuh, dan sulit bernafas. Selain itu, perut yang kembung juga menjadi pemicu gejala-gejala menyiksa lainnya seperti terus menerus bersendawa, kram, nyeri pinggang, diare dan lain sebagainya. Kondisi tersebut disebabkan karena adanya gas menumpuk di dalam perut khususnya usus kecil.

Penumpukan gas tersebut membuat keadaan perut menjadi keras permukaannya dan bengkak. Kita juga akan merasa kesulitan untuk bergerak. Penyebab dari perut kembung yaitu:

  • Sembelit
  • Banyaknya udara yang tertelan karena sering menggunakan kipas angin
  • Terlalu berlebihan mengonsumsi sayuran antara lain brokoli, tauge, kentang, lobak, mentimun, asparagus, kembang kol.

Selain itu, penyebab lainnya adalah:

  • Berlebihan mengonsumsi buah-buahan seperti apel, melon dan pir
  • Berlebihan mengonsumsi minuman yang mengandung soda dan minuman yang berkarbonasi
  • Mengonsumsi makanan yang mengandung banyak minyak secara berlebihan seperti gorengan
  • Mengonsumsi makanan berlemak secara berlebihan
  • Kondisi kesehatan badan yang buruk
  • Pikiran yang dilanda stress

Cara Praktis Mengatasi Perut Kembung

  1. Memanfaatkan khasiat labu. Perlu diketahui bahwa perut kembung juga bisa disebabkan karena terganggunya proses pencernaan. Proses pencernaan yang kurang lancar dapat dipicu oleh konsumsi serat yang berlebihan. Pada saat serat masuk ke usus besar, bakteri yang dapat menghasilkan gas dari serat-serat tersebut memproduksi gas dalam jumlah banyak sehingga membuat perut terasa penuh. Oleh karena itu, memakan labu dapat mengatasi perut kembung karena labu memiliki fungsi untuk mengikat gas dalam tubuh. Anda bisa mengonsumsi labuh dengan cara direbus, dipanggang, dijadikan kolak atau pun dicampur dengan bahan lain dalam satu masakan. Selain dapat dicari, labuh lebih aman dan terjamin dibandingkan obat perut kembung lainnya.
  2. Mengonsumi minuman jahe. Rempah yang satu ini sudah dikenal memiliki khasiat ampuh untuk mengatasi segala macam permasalahan perut termasuk kembung. Adalah dua kandungan penting sebagai senjata jahe menaklukan permasalahan perut yaitu gingerol dan shagaol. Kandungan tersebut memiliki banyak manfaat antara lain mengurangi peradangan di dalam perut sekaligus melancarkan sistem pencernaan. Selain itu, dengan mengonsumsi minuman jahe, dapat membantu membuang gas yang menumpuk di perut Anda, dan mencegah munculnya gas yang berlebihan dalam perut. Jahe sangat mudah di dapat bahkan sering kali dijumpai di dapur. Anda bisa memanfaatkan jahe dengan membuatnya menjadi minuman yang bisa dicampur dengan bahan lainnya. Caranya pun sangat mudah. Pertama, kupas dan cuci jahe satu ruas atau lebih sampai bersih, lalu rebus jahe di dalam air sebanyak 2 sampai 3 gelas atau sesuai kebutuhan. Rebus jahe sampai air agak berkurang dan sudah tercampur sempurna dengan jahe. Setelah mendidih, tuang rebusan jahe tersebut ke dalam gelas, dan bisa ditambahkan dengan gula. Selain mencampurnya dengan gula, Anda juga bisa mencampurnya dengan madu sebagai obat mengatasi perut kembung. Madu ini merupakan alternatif terbaik untuk yang menghindari gula dan campuran terbaik untuk meningkatkan kinerja minuman jahe. Selanjutnya, jika tidak suka murni jahe, Anda bisa menambahkan teh, perasan air lemon, dan madu agar terasa lebih manis.
  3. Mengonsumsi minuman lemon. Sudah disinggung bahwa lemon bisa digunakan untuk campuran minuman jahe karena lemon dapat membantu mengatasi perut kembung. Perasan air lemon memiliki kandungan yang dapat menetralisir rasa sakit dalam perut sebagai akibat dari kondisinya yang penuh gas. Selain itu, kandungan asam klorida lemon dapat memproduksi asam lambung. Asam lambung yang dihasilkan tersebut memiliki manfaat untuk mencerna makanan, sehingga asam lambung dalam jumlah yang cukup dapat membuat sistem pencernaan lancar. Dengan teratasinya pencernaan makanan, maka perut kembung pun dapat dihindari. Untuk memanfaatkannya, Anda bisa membuat minuman dari lemon dengan air hangat. Cara membuatnya pun sangat mudah dan praktis. Anda perlu menyiapkan 2 buah lemon atau lebih. Setelah dicuci kemudian peras lemon sampai keluar airnya, lalu campurkan ke dalam air hangat dan beri madu agar lebih manis. Sebaiknya hindari menggunakan gula sebagai pemanis. Selain dicampur ke air hangat, air perasan lemon juga bisa dicampur ke dalam teh hangat dan tambahkan madu.
  4. Mengonsumsi jus jeruk. Jus jeruk yang kaya akan vitamin C ini ternyata memiliki khasiat mengatasi perut kembung. Dengan mengonsumsi jus jeruk yang cukup, maka akan membantu meningkatkan keasaman dalam lambung. Keasaman lambung ini berfungsi untuk memperbaiki ketidaklancaran pencernaan yang dapat mengakibatkan berbagai macam gejala salah satunya, kembung pada perut. Perlu diperhatikan bahwa sebaiknya mengonsumsi jus jeruk sebelum Anda makan karena jus jeruk akan bekerja lebih maksimal apabila tidak dicampur dengan makanan lain yang masuk ke perut Anda. Selain itu, jangan minum jus jeruk bersamaan dengan makanan atau buah-buahan yang mengandung karbohidrat dan protein karena akan menyebabkan gangguan sistem pencernaan.
  5. Manfaatkan daun pepaya. Ternyata pahitnya daun pepaya dapat menjadi obat alami yang ampuh untuk mengatasi perut kembung. Cara mengonsumsinya pun mudah. Cuci terlebih dahulu duan pepaya tersebut kemudian rebus dalam air sekitar 2 gelas atau lebih sampai daun tersebut larut dalam air. Kemudian minum air rebusan daun pepaya ketika masih hangat. Tahan rasa pahit yang Anda rasakan ketika meminum air rebusan tersebut karena justru rasa pahit itulah yang dapat meminimalisir penumpukan gas dalam perut. Namun, apabila Anda tidak tahan dengan rasa pahitnya, bisa menambahkan madu sebagai pemanis. Campuran air daun pepaya dan madu akan menjadi obat alami ampuh untuk perut kembung.
  1. Menggunakan peppermint. Bahan alami selanjutnya yang bisa dimanfaatkan adalah daun peppermint. Daun ini kaya akan minyak mentol yang berfungsi sebagai anti spasmodik yaitu dapat meminimalisir perut kembung yang Anda alami. Cara mengonsumsinya, Anda bisa langsung mengunyah daun peppermint. Dengan mengunyahnya, maka rasa tidak nyaman ketika perut kembung akan teratasi. Selain itu, Anda bisa merebus daun peppermint ini dalam air satu atau dua gelas. Biarkan beberapa saat sampai daun peppermint larut dalam air, kemudian seduh ketika dalam keadaan hangat. Minumlah dua kali sehari atau kapan pun.
  1. Mengonsumi teh chamomile. Seperti halnya peppermint, teh chamomile ini memiliki fungsi sebagai anti spasmodik dan juga anti inflamasi. Oleh karena itu teh chamomile sangat direkomendasikan untuk obat pereda perut kembung. Selain itu, chamomile memang terkenal dapat memberi rasa rileks, tenang dan nyaman. Teh ini juga aman dikonsumsi siapa saja. Untuk mengatasi perut kembung dengan teh chamomile sangat mudah. Anda hanya perlu menyediakan sekantong teh chamomile dan mencelupkannya di air hangat dan biarkan selama kurang lebih 10 menit. Setelah itu, buang kantong tehnya dan bisa ditambahkan dengan air lemon atau pun madu. Minumlah teh ini tiga kali sehari atau kapan pun.