Tips Menghilangkan Stretch Mark Membandel Agar Kembali Percaya Diri

Stretch mark sering kali mengganggu kepercayaan diri wanita karena kulit tubuhnya tidak semulus seperti semula. Stretch mark muncul pada permukaan kulit karena adanya peregangan pada kulit yang sudah melebihi batas maksimum. Peregangan tersebutlah yang memicu timbulnya stretch mark berwarna putih atau kemerah-merahan pada bagian tubuh tertentu seperti perut, paha, dan lainnya.

Stretch mark biasanya muncul pada bagian perut ibu-ibu yang habis melahirkan sehingga membutuhkan penanganan khusus. Penyebab stretch mark lainnya adalah mengkonsumsi obat-obatan dengan kandungan steroid tinggi sehingga merusak kolagen pada kulit, kurangnya asupan vitamin C, A, dan E, terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak dan berkalori, dan penurunan berat badan yang drastis.

Cara Menghilangkan Stretch Mark dengan Bahan Alami yang Mudah Didapat

  1. Masker coklat

Coklat tidak hanya dikonsumsi karena rasanya yang manis, namun kandungan kolagen yang ada dalam coklat dapat dimanfaatkan juga untuk menghilangkan stretch mark membandel pada kulit. Cara memanfaatkannya yakni dengan membuat masker coklat yang langkahnya sangat mudah. Pertama, campurkan coklat bubuk dengan air hangat untuk kemudian aduk-aduk sampai adonan membentuk pasta.

Selain air hangat, Anda juga bisa mencampurkan minyak zaitun atau madu. Setelah adonan menjadi pasta, lalu oleskan ke bagian yang terdapat stretch mark secara merata dengan menggunakan kuas atau pun tangan. Diamkan selama 10 sampai 15 menit. Kemudian bersihkan menggunakan lap yang sudah dibasahi air dingin. Gunakan masker dua kali seminggu sampai stretch mark hilang.

  1. Lemon

Jenis buah-buahan yang satu ini dapat digunakan untuk menghilangkan stretch mark tanpa khawatir adanya efek samping. Lemon sudah terkenal kaya akan vitamin C yang notabene berfungsi untuk menjaga keelastisan kulit dan membuatnya halus. Kandungan antioksidan dalam vitamin C juga berkhasiat untuk menyamarkan bekas luka dengan cepat dan aman, termasuk stretch mark ini.

Cara mengaplikasikan lemon pun cukup mudah. Siapkan satu buah lemon lalu potong menjadi dua bagian. Potongan tersebut lalu dioles-oles ke bagian tubuh yang muncul stretch marknya. Oleskan secara perlahan dan merata sampai seluruh bagian terkena air lemon tersebut. Setelah itu diamkan sampai beberapa menit agar lemon dapat terserap dan bekerja maksimal.

  1. Minyak zaitun

Minyak zaitun sudah tidak perlu diragukan lagi manfaatnya bagi kesehatan dan kecantikan kulit. Kandungan vitamin E dan antioksidan yang banyak ditemukan di dalam minyak zaitun berkhasiat untuk menghilangkan stretch mark secara ampuh tanpa efek samping berbahaya. Pastikan bahwa minyai zaitun yang digunakan adalah pure olive oil sehingga manfaat yang dirasa akan maksimal.

Pengaplikasiannya cukup mudah yaitu Anda tinggal mengoleskan minyak zaitun secara merata pada permukaan tubuh yang terdapat stretch mark. Setelah itu diamkan beberapa saat. Sebaiknya gunakan minyak zaitun ketika malam hari sebelum tidur dan biarkan semalaman agar minyak zaitun terserap sempurna. Selain menghilangkan stretch mark, kulit akan menjadi kenyal dan halus.

  1. Putih telur

Kandungan dalam putih telur juga dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan stretch mark. Pemanfaatannya yakni dengan menggunakan putih telur sebagai masker yang dioleskan secara rutin. Caranya pun sangat mudah. Ambil satu butir telur kemudian pecahkan telur tersebut menggunakan pisau atau ujung sendok. Setelah itu pisahkan antara bagian putih dan bagian kuning telur.

Gunakan putih telur untuk dioleskan ke bagian yang terdapat stretch mark secara merata. Lalu diamkan sampai mengering. Setelah itu bisa dibersihkan menggunakan lap yang dibasahi air dingin atau pun bisa air hangat. Lakukan secara rutin dua sampai tiga kali seminggu sampai stretch mark benar-benar menghilang. Anda bisa juga menggunakan minyak zaitun sebagai campuran.

  1. Lidah buaya

Menghilangkan stretch mark juga bisa dengan memanfaatkan tanaman hias faovrit penuh manfaat yaitu lidah buaya. Sudah bukan rahasia lagi bahwa lidah buaya memberikan manfaat bagi kesehatan serta kecantikan kulit. Gel lidah buaya akan membuat kulit terasa kenyal, halus, dan sehat apabila rutin diaplikasikan. Cara memanfaatkan gel lidah buaya untuk mengatasi stretch mark sangat mudah.

Ambil lidah buaya lalu potong-potong. Setelah itu kupas kulitnya sampai bersih kemudian haluskan lidah buaya agar gelnya mudah untuk dioleskan ke tubuh. Setelah dihaluskan, oleskan secara merata pada permukaan kulit yang ada stretch marknya. Lalu diamkan beberapa menit sampai gel meresap sempurna. Kemudian bersihkan dengan lap yang sudah dibasahi air dingin.

  1. Kentang

Bahan alami selanjutnya yang ampuh menghilangkan stretch mark yaitu kentang. Kentang yang identik dengan makanan perkedel ini ternyata memiliki banyak kandungan zat polifenol yang berkhasiat mengembalikan sifat elastis kulit. Cara memanfaatkannya yakni dengan membuatnya sebagai masker yang rutin diaplikasikan ke kulit berstretch mark. Membuat masker dari kentang pun sangat mudah.

Pertama, kupas kentang dan cuci sampai bersih. Setelah itu dipotong-potong dan direbus kentang sampai lunak. Setelaah itu haluskan kentang menggunakan ulekan atau sendok. Setelah itu campur dengan air hangat/putih telur/minyak zaitun. Setelah tercampur sempurna, lalu oleskan pada bagian stretch mark tersebut. Diamkan beberapa menit dan bersihkan menggunakan lap yang dibasahi air hangat.

  1. Campuran madu dan garam

Bumbu dapur seperti garam juga berkhasiat untuk menghilangkan stretch mark, lho! Garam yang dicampur dengan madu memiliki manfaat yang lebih unggun untuk mengembalikan elastisitas kulit dan juga menjaga kesehatan kulit. Bahan-bahan alami ini akan dengan cepat menghilangkan stretch mark apabila dioleskan secara rutin dua sampai tiga kali seminggu tanpa khawatir efek samping.

Cara mengaplikasikannya sangat mudah yaitu ambil satu sendok garam dan satu sendok madu atau secukupnya lalu aduk-aduk sampai keduanya tercampur sempurna. Setelah itu, oleskan secara merata pada permukaan kulit yang terdapat stretch mark. Kemudian diamkan selama 15 sampai 20 menit. Setelah itu, bersihkan menggunakan lap yang telah dibasahi air hangat.

  1. Kopi

Tidak disangka kopi bisa juga dimanfaatkan sebagai obat ampuh menghilangkan stretch mark yang membandel di perut atau pun paha. Caranya pun sangat mudah. Pertama, siapkan biji kopi beberapa butir lalu tumbuk menggunakan alat penumpuk sampai halus dan menjadi bubuk. Setelah itu, campurkan dengan air hangat dan aduk sampai membentuk pasta.

Setelah membentuk pasta, oleskan secara merata di bagian yang terdapat stretch mark. Diamkan beberapa menit sampai mengering lalu bersihkan menggunakan lap yang telah dibasahi air dingin. Selain campuran air hangat, bubuk kopi juga bisa dicampur dengan madu atau minyak zaitun untuk membentuk pasta. Lakukan secara rutin sampai stretch mark hilang.

  1. Minyak jarak

Menghilangkan stretch mark dapat menggunakan bahan alami seperti minyak jarak. Minyak jarak sudah dikenal sebagai obat alami yang fungsi salah satunya untuk kecantikan dan kesehatan kulit. Hal itu karena minyak jarak memiliki kandungan kolagen dalam jumlah tinggi yang sangat berguna menjaga elastisitas kulit. Cara memanfaatkannya pun sangat mudah dan praktis.

Belilah minyak jarak yang sudah jadi di apotek atau toko-toko yang menjualnya. Setelah itu langsung saja oleskan minyak jarak pada bagian kulit yang ada stretch marknya secara merata. Kemudian diamkan selama beberapa menit sampai minyak jarak meresap dengan baik. Setelah itu bersihkan menggunakan air dingin. Lakukan secara rutin agar stretch mark hilang sempurna.