Inspirasi Desain Baju Batik Terbaru 2018

Batik adalah kain tradisional khas Indonesia dan sudah ditetapkan oleh salah satu lembaga PBB yaitu UNESCO sebagai bagian dari warisan budaya bangsa kita. Dulunya batik dipakai untuk acara adat atau tradisional saja tetapi saat ini batik sudah menjelma sebagai kain kelas dunia. Desain baju batik terbaru pun banyak ditemukan di mana-mana. Jika dulunya batik hanya dipakai pada acara formal saja, sekarang batik juga dipakai untuk aktifitas sehari-hari.

Di Indonesia sendiri di setiap daerah pasti memiliki motif batik yang berbeda-beda. Sebagai contoh batik dari Jogja bisa berbeda dengan batik dari Pekalongan. Ciri khas batik Jogja adalah desain dan warnanya yang cenderung kalem. Sedangkan untuk batik Pekalongan motifnya cenderung kontemporer dan memiliki warna yang cerah. Anda pun bisa memilih batik dengan berbagai motif menarik.

Desain Baju Batik Terbaru 2018

Membicarakan soal batik memang sangat menarik. Baju batik merupakan baju kebanggaan masyarakat Indonesia. Jika dulunya desain hanya monoton, saat ini desainnya jauh lebih baik. Batik yang notabene sebagai baju tradisional bisa disulap menjadi baju yang modern. Di bawah ini ada inspirasi desain baju batik terbaru yang bisa anda lihat.

  1. Batik model baju lengan panjang

Salah satu desain batik yang sering dijumpai adalah model baju lengan panjang. Baik pria dan wanita pasti sering memakainya. Bagi anda yang ingin terlihat sopan, mungkin batik model lengan panjang tersebut bisa dijadikan pilihan. Khusus bagi para muslimah tentu saja model baju batik lengan panjang sering dipilih. Anda bisa memilih desain yang sesuai dengan selera masing-masing. Sebagai contoh batik dibuat baju lengan panjang dengan model cheongsam atau pun model biasa dengan kancing baju di depan. Mungkin supaya terlihat modis anda bisa memakai belt aksesoris.

  1. Dress batik

Desain baju batik terbaru dan kekinian adalah dress batik. Baju model dress sangat diminati oleh banyak wanita karena bisa membuat penampilan menjadi cantik. Dress batik tersebut macam-macam desainnya, ada long dress dan ada juga yang short dress. Namun yang paling banyak dijumpai adalah short dress batik. Dengan menggunakan dress batik, anda akan terlihat semakin cantik. Untuk motifnya bisa memilih motif batik Pekalongan, Solo atau pun Jogja.

  1. Gamis batik

Bagi para muslimah, gamis merupakan baju yang wajib dimiliki. Gamis sendiri saat ini telah banyak mengalami perkembangan untuk desainnya dan salah satunya adalah gamis batik. Gamis batik banyak dijumpai dan desainnya pun bermacam-macam. Ada yang menggunakan semua kain batik dan ada juga yang menggunakan kombinasi. Gamis batik kombinasi pada umumnya lebih banyak disukai karena selain desainnya yang cantik, dipakai pun juga akan membuat anda lebih elegan.

  1. Batik kombinasi kebaya

Salah satu desain andalan dan selalu menjadi favorit adalah batik kombinasi dengan kebaya. Batik sendiri memang sering kali dikombinasikan dengan kebaya untuk membuat busana wanita. Batik kombinasi kebaya tersebut contohnya bisa sebagai berikut ini, atasan berupa kebaya dan bawahan berupa batik. Tidak hanya itu saja, untuk dibuat baju modern seperti gaun, kain batik tersebut supaya terlihat mewah bisa dikombinasikan dengan kebaya.

  1. Baju batik lengan pendek

Desain batik yang popular lainnya adalah baju batik lengan pendek. Batik yang dibuat menjadi baju lengan pendek sering kali diminati oleh kaum adam. Desainnya pun memang terlalu monoton yaitu kancing baju ada di depan. Kemudian untuk desain baju batik terbaru lengan pendek khusus wanita, modelnya ada banyak. Contohnya sebagai berikut ini, baju lengan pendek dengan model sabrina, baju batik lengan pendek dengan model cheongsam dan masih banyak lagi.

  1. Kulot batik

Batik selain bisa dibuat baju atasan juga bisa dibuat menjadi bawahan. Salah satu bawahan yang bisa menggunakan kain batik adalah kulot. Kulot batik tersebut tentu saja akan membuat penampilan semakin trendi apabila anda bisa memadukannya dengan atasan yang pas. Jika anda memilih kulot batik, maka untuk baju atasannya lebih baik yang berdesain polos. Namun sebisa mungkin jangan memilih kaos karena nanti akan terlihat kurang menarik. Anda bisa memakai baju model sabrina polos, anda juga bisa memakai baju lengan tiga perempat dengan bagian bawah berbentuk lonceng dan lain-lain. Yang paling terpenting di sini adalah atasan harus memiliki desain polos.

  1. Rok batik

Selain bisa dibuat celana kulot, gamis atau pun dress, batik juga bisa dibuat menjadi rok. Rok batik sendiri sangat popular dan kebanyakan orang pasti lebih memilih model rok untuk bawahan dengan desain batik. Anda bisa memilih rok pendek atau pun rok panjang. Sebagai contoh jika itu rok pendek mungkin anda bisa memilih model payung jika ingin terlihat modern. Bila ingin terlihat etnic maka anda bisa memakai model jarik simple. Kemudian khusus untuk rok batik panjang juga bisa memakai model jarik atau pun model lainnya.

  1. Blazer batik

Mungkin blazer batik merupakan desain baju batik terbaru dan paling hits. Bagaimana tidak? Blazer memang pada umumnya merupakan baju model modern, kemudian jika dipadukan dengan motif batik tentu saja tampilannya akan terlihat unik. Anda tinggal kombinasikan blazer batik tersebut dengan baju yang sesuai. Sebagai contoh, anda bisa mengkombinasikan blazer batik dengan gaun yang terbuat dari satin. Model baju yang satu ini akan membuat penampilan anda terlihat elegan dan model tersebut sangat cocok dipakai untuk menghadiri pesta.

  1. Batik kombinasi satin

Satu lagi desain baju batik modern yang bisa anda pakai adalah batik kombinasi satin. Anda bisa membuat baju yang cantik dengan mengkombinasikan batik dan satin. Satin sendiri memiliki karakter halus dan sedikit berkilau. Apabila akan dibuat gaun atau gamis, tentu saja kombinasi dari kedua bahan tersebut bisa membuat busana anda semakin cantik. Sebagai contoh, anda bisa menggunakan batik dan satin dibuat menjadi gamis cantik. Jangan lupa memilih hijabnya yang sesuai dengan baju, sebagai rekomendasi anda juga bisa memakai jilbab dari kain satin.

Batik merupakan baju identitas bangsa Indonesia. Semakin kesini batik semakin banyak modelnya. Meskipun ini merupakan baju tradisional tetapi juga bisa mengikuti perkembangan zaman. Batik bisa dibuat menjadi baju desain modern yang cantik dan tak kalah dengan desain baju modern lainnya. Bagi anda yang ingin tampil trendi dengan batik, anda bisa memilih salah satu desain baju seperti di atas tadi.

Baju batik tidak hanya bisa digunakan untuk acara formal saja tetapi juga bisa untuk acara santai, tergantung pilihan desain. Yang paling terpenting di sini adalah anda jangan sampai salah kostum. Jika itu dipakai untuk acara santai, anda jangan memakai baju batik yang dipakai untuk acara formal. Nantinya penampilan anda akan terkesan berlebihan. Inspirasi dari desain baju batik modern di atas semoga bisa membantu.