Cara Ampuh Menghaluskan Telapak Tangan secara Alami

Memiliki permukaan kulit yang halus dan lembut merupakan impian bagi sebagian besar wanita karena hal tersebut dapat meningkatkan rasa percaya dirinya. Kulit halus dan lembut akan menjadi kebanggaan tersendiri bagi seseorang karena memiliki kulit yang cenderung kasar tentu akan membuat rasa minder saat bersentuhan dengan orang lain. Telapak tangan yang halus dan lembut juga sangat penting untuk meningkatkan rasa percaya diri seorang wanita saat bersalaman dengan orang lain. Biasanya ibu rumah tangga dan wanita yang memiliki pekerjaan yang berat akan menjadikan permukaan telapak tangan menjadi sangat kasar dan bahkan akan timbul sel-sel kulit mati di telapak tangan yang menyebabkan telapak tangan tidak lembut lagi.

Faktor yang menyebabkan permukaan kulit menjadi kasar

Banyak faktor yang menyebabkan telapak tangan menjadi kasar, berikut diantaranya:

  1. Aktivitas tertentu

Aktivitas sehari-hari yang banyak mengandalkan tangan akan menyebabkan tangan menjadi kasar, misalnya mengangkat beban berat secara terus menerus sehingga dapat meningkatkan penebalan akibat adanya sel-sel kulit mati sehingga permukaan telapak tangan menjadi kasar. Munculnya sel kulit mati biasanya disebabkan oleh adanya tekanan dan geseka antara benda yang diangkat dengan permukaan kulit telapak tangan.

  1. Infeksi jamur

Telapak tangan yang terserang infeksi jamur akan meningkatkan dehidrasi pada jaringan kolagen pada permukaan kulit telapak tangan. Tangan akan menjadi kasar saat anda terserang infesi jamur karena kolagen kulit pada telapak tangan kan semakin hilang karena diserang oleh jamur.

  1. Sabun mandi

Tangan kasar juga dapat disebabkan oleh sabun mandi. Sabun mandi memiliki kandungan zat yang dapat merusakan kolagen sehingga kelembaban kulit tangan secara bertahap akan menghilang. Biasanya sabun yang dapat merusak kolagen pada kulit telapak tangan adalah sabun yang mengandung zat pewangi, anti bakteri, dan bahan pemutih kulit yang berbahaya.

  1. Efek buruk bahan kimia

bahan kimia yang ada pada deterjen, pembersih kendaraan  dan sebagainya juga dapat menjadikan kulit telapak tangan kasar. Karena penggunaan bahan kimia dalam jangka panjang dapat mempengaruhi kehalusan dan elastisitas permukaan kulit pada telapak tangan. Telapak tangan akan menjadi kering dan kasar jika bahan kimia ini dipakai secara terus-menerus.

  1. Kelembaban udara

Udara yang terlalu kering dan intesitas sinar matahari yang terlalu panas saat musim kemarau panjang dapat menyebabkan kulit menjadi kasar termasuk juga permukaan kulit pada telapak tangan. semakin kering udara akan menyebabkan kulit semakin kehilangan kelembabannya sehingga kulit menjadi kasar dan pecah-pecah, hal ini biasanya terjadi pada kulit telapak tangan dan telapak kaki.

Bahan alami yang dapat digunakan untuk merawat kulit telapak tangan yang kasar

Sebagian besar wanita biasanya mengabaikan masalah perawatan ini karena tidak tahu cara merawatnya. Sebenarnya merawat telapak tangan sangat mudah dengan menggunakan bahan-bahan alami yang ada di sekitar anda. artikel ini akan membahas mengenai cara menghaluskan telapak tangan dengan bahan alami . berikut ini beberapa cara menghaluskan telapak tangan secara alami:

  1. Ampas kopi

Sekilas ampas kopi tidak dibutuhkan lagi dan tidak memiliki manfaat oleh karena itu kebanyakan ampas kopi akan dibuang sesaat setelah menikmati kopi. Namun ternyata ampas kopi berkhasiat untuk menghaluskan permukaan kulit pada telapak tangan dengan cara mengangkat sel-sel kulit mati yang ada. Caranya juga sangat mudah, anda hanya perlu menggosok-gosokkan secara perlahan ampas kopi ke telapak tangan secara menyeluruh,  diamkan kurang lebih 5 menit kemudian bilas dengan menggunakan air hingga bersih. Jika anda melakukan cara ini secara rutin tidak menutup kemungkinan telapak tangan anda akan menjadi halus dan lembut sesuai dengan harapan anda.

  1. Air garam

Cara selanjutnya yang perlu anda coba untuk menghaluskan telapak tangan adalah dengan menggunakan air garam. Kandungan yang ada pada air garam dapat mengangkat sel-sel kulit mati yang menyebabkan telapak tangan menjadi kasar. Berikut langkah-langkah yang bisa anda lakukan:

  • Siapkan air hangat di wadah, kemudian masukkan garam dapur.
  • Aduk rata agar garam dapur dapat larut dalam air hangat
  • Masukkan tangan ke dalam wadah, rendam telapakan tangan sambil menggosok-gosokkan telapak tangan hingga beberapa menit lalu bilas dengan menggunakan air dingin dan keringkan menggunakan handuk yang lembut
  • Gunakan lotion atau pelembab sebagai penutup agar hasil lebih maksimal.
  1. Minyak kelapa

Minyak kelapa dapat melembabkan dan melembutkan berbagai macam jenis kulit, oleh karena itu minyak kelapa sangat baik untuk merawat kulit. Minyak kelapa dapat anda gunakan untuk mengatasi masalah kulit kasar pada telapak tangan karena kapalan dan kulit yang kurang sehat. pijatan halus pada telapak tangan dengan menggunakan minyak kelapa juga dapat membantu anda untuk merelaksasi kulit agar lebih halus dan sehat. caranya cukup mudah, tuangkan minyak kelapa ke telapak tangan lalu pijat lembut telapak tangan secara perlahan dengan menggunakan  minyak kelapa selama kurang lebih 5 menit. Lakukan cara ini secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal.

  1. Jeruk nipis

Bagian kulit yang paling mudah menjadi kasar adalah telapak tangan sehingga membutuhkan perawatan ekstra. Jeruk nipis dapat membantu menjaga kelembutan telapak tangan anda dengan cara menggosok-gosokkan jeruk nipis pada telapak tangan anda di pagi dan sore hari secara rutin. Lakukan perawatan telapak tangan menggunakan jeruk nipis dengan menggosok-gosokkannya selama kurang lebih 5 menit, kemudian bilas dengan menggunakan air hingga bersih. Jeruk nipis mengandung vitamin C yang dapat membentuk kolagen sehingga dapat menjaga kelembaban, elastisitas dan melembutkan kulit pada telapak tangan.

  1. Daun Teh

Daun teh mengandung polifenol yaitu sejenis anti oksdan bioflavonoid yang lebih baik dari vitamin E dan C dalam merawat dan menyehatkan kulit sehingga dapat menjadikan kulit menjadi halus dan lembut. Antioksidan yang ada pada jeruk nipis juga dapat menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan pada kulit  misalnya kulit kasar dan kulit pecah-pecah. Caranya juga cukup mudah anda hanya perlu menggosok-gosokkan daun teh pada telapak tangan yang kasar sambil meremasnya selama kurang lebih sekitar 5 menit.

  1. Minyak zaitun

Minyak zaitun juga dapat menghaluskan telapak tangan, caranya juga sangat mudah anda hanya perlu menyiapkan 2 sendok makan minyak zaitun dan 4 sendok garam halus kemudian aduk rata dan oleskan pada telapak tangan sambil menggosok-gosokkan dengan lembut selama 20 menit.

  1. Mentega

Mentega mengandung vitamin A yang dapat menjadikan kulit menjadi halus dan lembut. tidak hanya dapat digunakan untuk dijadikan bahan pembuat roti mentega juga dapat digunakan untuk merawat kulit telapak tangan. caranya, ambil dan oleskan sedikit mentega pada telapak tangan kemudian gosok-gosokkan mentega pada kedua telapak dengan lembut. Lakukan cara ini secara rutin di pagi hari agar tangan anda menjadi halus dan lembut.

Itulah beberapa cara menghaluskan telapak tangan secara alami yang bisa kami bagikan. Jangan lupa untuk menggunakan sarung tangan saat anda akan mengangkat benda yang berat dan pekerjaan yang banyak menggunakan telapak tangan agar tidak menimbulkan sel kulit mati atau kapalan yang membuat telapak tangan anda menjadi kasar. Semoga artikel ini bermanfaat.