5 Penyebab Bau Mulut yang Sebaiknya Kamu Tau Dari Sekarang

Penyebab bau mulut tentu bermacam-macam dan kita tidak bisa berasumsi begitu saja. Kebiasaan-kebiasaan yang kadang kita anggap baik untuk mulut, justru berlaku sebaliknya. Bau mulut jadi lebih terasa dan kualitas ngobrol bersama teman pun terganggu. Apalagi buat kamu yang sering bekerja di luar dan selalu berhubungan dengan komunikasi bersama orang-orang penting, bau mulut adalah petaka!

Penyebab bau mulut sebenarnya sangat sederhana dan bisa diatasi dengan mudah. Namun, butuh kebiasaan bersih yang harus dilakukan tiap hari tanpa henti. Kebiasaan inilah yang akan membuat bau mulut berkurang atau bahkan berubah menjadi mulut yang wangi. Dengan begitu, kualitas bicara dengan orang terdekat pun bakal berjalan lancar. Kita juga akan lebih percaya diri untuk berbicara dengan lantang.

Berikut ini adalah sederet penyebab bau mulut yang sebaiknya kamu tau dari sekarang, supaya nantinya bisa dicegah dan diatasi sehingga kualitas ngobrol kamu dan teman-teman atau rekan kerja bisa berjalan dengan baik. Langsung cek aja yuk!

1. Penyebab bau mulut: Daging merah

via images.google.com

Daging merah memang bagus untuk kesehatan tubuh, tetapi tidak untuk kesehatan mulut. Apabila memakan daging merah, akan terjadi sisa-sisa yang masih nyangkut di gigi. Sehingga, gigi jadi sarang bakteri yang sulit dibersihkan. Solusinya sebenarnya cukup mudah, yakni dengan mengunyah permen karet mint yang mampu menghilangkan sisa-sisa makanan sekaligus meningkatkan produksi air liur.

2. Makanan manis

via images.google.com

Penyebab yang kedua adalah makanan manis yang sering kita konsumsi secara berlebihan. Makanan-makanan manis seperti permen akan merusak gigi dan memicu timbulnya bau mulut. Sebab, apabila bakteri terkontaminasi dengan gula, maka akan menghasilkan zat sulfur dan bau yang tak sedap. Gula dalam makanan manis juga susah untuk dibersihkan. Solusinya adalah dengan menggunankan dental floss.

3. Obat-obatan

via images.google.com

Tidak jarang yang menyadari bahwa obat-obatan ternyata juga menjadi penyebab bau mulut. Obat-obatan ini menyebabkan mulut menjadi kering sehingga akan menimbulkan bau. Sebab, obat-obatan akan menurunkan produksi air liur dalam mulut. Solusi untuk masalah yang satu ini, adalah dengan banyak meminum air mineral. Sehingga, rangsangan lidah untuk memproduksi air liur akan lebih besar.

4. Obat kumur

via images.google.com

Penyebab selanjutnya adalah sering menggunakan obat kumur. Mungkin kita akan kaget, justru obat yang kita andalkan untuk menghilangkan bau mulut menjadi salah satu penyebab bau mulut itu sendiri. Tetapi ini memang benar, tidak semua obat kumur ditujukan untuk menghilangkan bau mulut. Sebab, ada beberapa obat kumur yang mengandung alkohol tinggi sehingga menyebabkan mulut kering dan bau mulut.

5. Jarang sarapan

via images.google.com

Penyebab bau mulut yang jarang disadari selanjutnya adalah jarang sarapan. Sarapan selain sebagai sumber energi untuk mengawali hari, juga sebagai rangsangan kepada mulut untuk memproduksi air liur sehingga mampu membersihkan lidah dari serangan bakteri. Apabila tidak sarapan, maka bakteri dalam mulut akan tertinggal dan mengendap, dan potensi bau mulut pun akan semakin besar.

Nah, itu dia tadi sederet penyebab bau mulut yang sebaiknya harus kamu tau mulai dari sekarang. Dengan begitu, kamu bisa mencegahnya dan mulai membiasakan diri untuk tidak melakukan kebiasaan yang buruk untuk bau mulut. Kemudian menggantinya dengan kebiasaan-kebiasaan yang bisa membuat mulut jadi lebih wangi. Semoga dengan tips di atas, bau mulut kamu bisa teratasi ya! Selamat mencoba!