Virus Smartphone: 5 Cara Mengatasi dan Mencegahnya dengan Mudah

via images.google.com

Virus smartphone memang bukan suatu permasalahan yang mudah dipecahkan. Sekarang sudah banyak hacker yang tidak bertanggung jawab, berani mencoba menyalahgunakan keahliannya hanya untuk meraup keuntungan semata. Hal ini bisa kita lihat dari beberapa virus yang terus menggerogoti smartphone kita. Walhasil, kinerja smartphone menjadi lemot dan terus-terusan restart tanpa kita sadari.

Kehadiran virus trojan, adware, dan malware, semakin hari semakin mengusik kenyamanan dalam berkomunikasi menggunakan smartphone. Data-data pribadi pun menjadi taruhannya, dan apabila sudah terkena virus smartphone, maka bisa jadi data-data privasi kita tersebar tanpa seizin dan sepengetahuan kita sebagai pemlik data tersebut. Hal ini sungguh sangat membahayakan, bukan?

Nah, perlu diketahui dan bahkan wajib kamu ketahui, bahwa mengatasi virus smartphone bisa dilakukan dengan mudah tanpa harus susah payah. Beberapa cara dan teknik bakal kita ulas secara singkat supaya kamu mudah memahaminya. Berikut ini ulasan selengkapnya:

1. Mengatasi virus smartphone: Hindari memakai WiFi tak dikenal

via images.google.com

Memang benar, memanfaatkan koneksi gratis sangat membantu kita dalam melakukan penghematan. Namun bahayanya, kalau kita tidak mengerti betul tentang sebuah koneksi Wi-Fi, yang terjadi adalah pihak-pihak iseng bisa saja menyelipkan malware yang ketika kita mengakses WiFi itu, maka smartphone kita langsung terinfeksi. Jadi, sekarang mulailah untuk waspada dan lebih menggunakan koneksi yang aman seperti jaringan resmi dari kampus, misalkan.

2. Hanya install aplikasi resmi

via images.google.com

Seringkali karena kebutuhan kita untuk eksplorasi banyak hal di smartphone membuat kita menginstall banyak aplikasi unik dan tidak menutup kemungkinan kita mendownload dari link tertentu. Hal ini sungguh sangat berbahaya. Sebab, aplikasi yang belum resmi tentunya masih diragukan kualitas dan keamanannya. Karena itulah, selalu berhati-hati dan hanya install aplikasi resmi dari Google Play Store ataupun AppStore.

3. Gunakan antivirus yang memadai

via images.google.com

Solusi lain untuk membasmi virus smartphone ialah dengan mengandalkan antivirus yang tersedia. Ada banyak sekali antivirus smartphone yang disediakan oleh beberapa developer, dan itu bisa diunduh gratis tanpa dipungut biaya. Hanya, sesekali muncul iklan dan itu wajar karena aplikasi gratis butuh biaya pengembangan juga. Beberapa antivirus yang direkomendasikan antara lain AVG Antivirus, Avira, serta Line Antivirus.

4. Lakukan factory reset

via images.google.com

Apabila kamu tidak memakai antivirus dan smartphone kamu terlanjur terkena virus, maka solusi yang bisa dilakukan ialah dengan melakukan factory reset. Factory reset ini merupakan alternatif yang sebaiknya menjadi opsi terakhir. Sebab, factory reset akan mengembalikan ponsel kamu ke kondisi semula seperti saat kamu baru membelijnya. Semua aplikasi dan setting yang sudah kamu atur, akan kembali default seperti sedia kala.

5. Hindari me-klik link sembarangan di internet

via images.google.com

Satu lagi hal yang wajib kamu hindari apabila ingin terhindar dari virus smartphone. Yakni, me-klik link sembarangan yang belum diketahui secara jelas siapa yang mengelola dan maksud dari pembuatan link tersebut. Jelas sangat merugikan apabila link-link tadi hanya akan menambah malware dalam smartphone kamu sehingga kinerja menjadi lemot, banyak privasi bocor, dan hal tidak diinginkan lainnya. So, berhati-hatilah ketika mengakses internet, cukup buka web-web dengan kredibilitas yang aman.

Itulah sekelumit cara mengatasi virus smartphone yang bisa-bisa membahayakan smartphone kita. Jika diperhatikan, virus-virus tadi bisa menyerang perangkat kita karena kita sembarangan mengakses situs tertentu, mendownload aplikasi tak berlisensi, atau tidak sengaja membuka popup saat berselancar di internet.