Taukah Kamu? Ini 5 Manfaat Cokelat Bagi Kesehatan Tubuh Kita

via images.google.co.id

Manfaat cokelat yang kita tau selama ini mungkin masih terbatas untuk menghilangkan mood jelek atau mengubah mood menjadi bagus dan ceria. Atau mungkin, sebagai kado romantis untuk wanita maupun pria yang memiliki karakter romantis. Lebih dari itu, ternyata cokelat menyimpan berbagai manfaat yang mungkin belum kamu tau sebelumnya.

Cokelat yang memiliki rasa asli pahit ini, menawarkan banyak khasiat yang bagus untuk kesehatan tubuh kita. Maka penting sekali untuk tau bahwa cokelat bukan hanya sebagai pelengkap hadiah atau pengubah mood, namun benar-benar berkhasiat untuk kesehatan sehingga bagus untuk dikonsumsi setiap hari dengan porsi yang cukup atau tidak berlebihan.

Nah, untuk tau lebih jelasnya, yuk kita simak sama-sama ulasan singkat tentang manfaat cokelat bagi kesehatan tubuh kita berikut ini:

1. Manfaat Cokelat: Tingkatkan Kecerdasan

via images.google.co.id

Dalam jangka panjang, ternyata manfaat cokelat sangatlah besar, yakni mampu meningkatkan kecerdasan seseorang. Dalam jangka pendek pun, cokelat juga membawa manfaat yang kurang lebih sama, yakni mampu meredakan tingkat stres dan meningkatkan kekuatan otak sehingga kita bisa bekerja secara maksimal. Maka dari itu, kalau kamu sedang stres karena tugas yang banyak dan mulai terbengkalai, mengkonsumsi cokelat ialah salah satu solusi yang dianjurkan.

2. Mencegah dan Menyembuhkan Diare

via images.google.co.id

Dalam perkembangan ilmu pengetahuan modern, ternyata ditemukan sebuah fakta bahwa cokelat pun bisa mengatasi penyakit diare. Seperti yang telah dilakukan oleh beberapa ilmuwan dari Oakland Research Insitutue yang menyebutkan bahwa cokelat bisa menghentikan diare, lewat kandungan proteinnya yang mampu mengatur sekresi cairan pada usus kecil. Dengan begitu, kamu pun bisa mengkonsumsi cokelat secara rutin dan cukup apabila ingin menyembuhkan diare.

3. Efektif Menurunkan Berat Badan

via images.google.co.id

Secara tidak langsung, cokelat juga bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Seperti yang diungkapkan oleh beberapa ilmuan dari University of Copenhagen, yang menyebutkan bahwa cokelat dark mampu menyugesti otak untuk merasa lebih kenyang daripada biasa-biasanya. Hal ini seperti jambu biji dan apel yang juga memiliki khasiat yang sama. Artinya, kamu bisa menahan lapar dengan mengkonsumsi cokelat dark supaya bisa menahan makan lebih banyak.

4. Mencegah Penyakit Jantung

via images.google.co.id

Mereka yang rutin mengkonsumsi cokelat sebaiknya bahagia dengan berita ini. Bahwa, cokelat dark ternyata juga mampu mencegah penyakit jantung. Sebab, cokelat mampu memperlambat pembekuan trombosit dalam darah. Seperti yang kita tau, pembekuan trombosit dalam darah ini mampu mengakibatkan pembuluh darah membeku dan akhirnya terjadilah serangan jantung. Hal ini sudah diteliti oleh John Hopkins School of Medicine, membuktikan bahwa cokelat mampu mengurangi risiko itu sebanyak hampir 50%.

5. Melancarkan Aliran Darah

via images.google.co.id

Manfaat cokelat terakhir namun bukan yang paling akhir, ialah mampu melancarkan aliran darah. Sebab, pada penelitian di Italia yang dilakukan baru-baru ini, menyebutkan bahwa orang yang mengkonsumsi cokelat dark memiliki tekanan darah sistolik lebih rendah daripada mereka yang tidak mengkonsumsi cokelat dark. Sebab, dalam cokelat terdapat zat flavonoid yang bermanfaat untuk antioksidan alami.

Sampailah kita pada penutup dan itulah tadi sederet manfaat cokelat yang mungkin saja kamu belum tau sebelumnya. Sekarang, marilah kita mencoba memandang sebuah objek dari sudut pandang lain, sehingga mampu memberikan wawasan baru yang mungkin belum pernah kita duga sebelumnya. Semoga bermanfaat, ya!~