Buat Penderita Diabetes, 5 Makanan Sehat & Lezat Ini Wajib Dikonsumsi

via images.google.com

Makanan sehat nampaknya masih belum menarik minat masyarakat Indonesia. Sebab, sebagian besar dari kita masih mementingkan enak tidaknya sebuah rasa makanan. Kita belum jeli dalam memilih makanan yang bagus untuk dikonsumsi, dan memiliki gizi yang seimbang untuk tubuh kita. Hal ini mungkin masih terpengaruhi oleh budaya tradisional yang lebih mementingkan rasa daripada gizi.

Terkhusus untuk penderita diabetes, tidak boleh sembarangan dalam mengkonsumsi makanan. Harus memilah kandungan gizi dan zat apa yang dilarang untuk dikonsumsi. Apabila kurang jeli, maka akan semakin memperkecil kemungkinan untuk bisa keluar dari jeratan penyakit diabetes. Apalagi zaman sekarang sudah mewabah makanan cepat saji yang menggoda selera.

Nah, jangan khawatir karena kali ini akan dijelaskan secara singkat tentang beberapa makanan sehat namun tetap lezat, yang bagus untuk dikonsumsi bagi para penderita diabetes. Apa sajakah itu? Langsung simak aja yuk!

1. Makanan Sehat Pertama: Bayam

via images.google.com

Ada sebuah penelitian tentang diabetes dan makanan sehat yang mampu mencegahnya. Yakni, American Diabetes Assiociation (ADA) telah berhasil menemukan sebuah hasil penelitian yang menyebutkan bahwa ada cara mencegah penyakit diabetes yakni dengan mengkonsumsi buah dan sayur dalam jumlah yang cukup. Dan, sayur berdaun hijau memiliki lebih banyak pengaruh dalam mencegah penyakit diabetes. Dan, ternyata bayam menjadi yang paling direkomendasikan untuk dikonsumsi.

2. Ikan

via images.google.com

Kandungan asam lemak omega 3 yang tinggi dari ikan membuatnya sangat layak untuk dikonsumsi, apalagi untuk penderita diabetes. Asam lemak omega 3 ini mampu memberikan sejumlah nutrisi yang secara langsung menebar manfaat untuk tubuh. Mulai dari mengurangi risiko peradangan, menurunkan tekanan darah, menurunkan kadar trigliserida, serta menurunkan risiko aritmia. Jenis ikan yang paling bagus untuk dikonsumsi ialah ikan tuna, halibut, sarden, trout, dan ikan salmon.

3. Wortel

via images.google.com

Menurut penelitian yang diadakan oleh Stanford University School of Medicine, pada tahun 2013 lalu, beta-karoten yang terkandung dalam wortel mampu secara efektif menurunkan risiko diabetes, baik untuk orang biasa maupun bagi mereka yang memiliki penyakit diabetes turunan dari orangtua atau leluhur mereka. Selain menurunkan risiko penyakit diabetes, wortel juga mampu mencegah perkembangan kanker, meningkatkan kekebalan tubuh, dan tentunya memperbaiki penglihatan.

4. Brokoli

via images.google.com

Selain wortel, brokoli juga mengandung beta karoten yang akan menghasilkan vitamin A. vitamin A sangatlah bagus untuk kesehatan tubuh. Beberapa anggota tubuh yang membutuhkan vitamin A yang cukup ialah kulit, tulang, dan tentunya gigi. Selain itu, brokoli juga ternyata memiliki kandungan vitamin C yang lebih banyak dari jeruk, jika ditakar per 100 gram. Tidak hanya itu, brokoli pun kaya serat dan folat, serta hanya memiliki sedikit kandungan karbohidrat dan kalori.

5. Kacang Polong

via images.google.com

Salah satu cara untuk menghindari atau mengurangi penyakit diabetes ialah dengan menstabilkan tekanan darah serta gula darah. Untuk melakukan itu, kacang polong merupakan makanan sehat yang patut dikonsumsi. Sebab, kacang polong memiliki khasiat menurunkan tekanan darah dan mampu mengontrol gula darah dengan baik, apabila dikonsumsi setiap hari dalam jumlah satu gelas. Selain itu, kacang polong juga kaya akan protein dan serat yang juga bermanfaat untuk tubuh kita.

Itulah tadi sederet makanan sehat dan lezat yang justru sangat bagus untuk dikonsumsi bagi para penderita diabetes. Dengan harapan, mengkonsumsi makanan-makanan tadi secara rutin dan seimbang, penyakit diabetes dalam tubuh kamu mulai terkikis dan akhirnya sembuh seperti sedia kala. Semoga bermanfaat, ya!