Renovasi Dapur: Simak 5 Tips Ini Agar Dapurmu Lebih Nyaman Ditempati

Renovasi dapur merupakan proyek penting yang menuntut kreativitas, waktu, dan beberapa pengetahuan tentang pernak-perniknya. Tidak seperti ruangan lain di rumah kita, dapur merupakan tempat yang kita masuki beberapa kali dalam sehari karena berbagai alasan – untuk memasak, makan, mengobrol. Sekilas, tampak waktu kita tersita banyak hanya untuk melakukan aktivitas-aktivitas tadi di ruang kecil bernama dapur.

Dapur lebih dari sekedar sebuah ruangan. Karena itulah, sebaiknya kita lebih memperhatikan soal perencanaan, dekorasi, dan tata letak. Dapur yang diatur dengan baik dapat menghasilkan penghematan yang signifikan (baik uang dan waktu), distribusi ruang yang efisien, kinerja yang lebih cepat dan suasana yang lebih baik secara keseluruhan.

Lalu, bagaimana caranya? Baca terus tips renovasi dapur ini.

1. Tentukan gaya memasak kamu sehari-hari

Atur gaya memasak via renonation.sg

Menu masakan sehari-hari juga sangat berpengaruh dalam renovasi dapur. Sebab, jika kamu lebih sering memasak dengan cara menggoreng atau merebus, maka kompor pun cukup. Namun jika lebih sering memanggang, misalkan, oven akan lebih bijak untuk dipilih. Semua tergantung pada gaya memasak kamu dan menu masakan apa yang sering kamu buat.

2. Hematlah ruang dan gunakan dengan bijak

Hematlah ruang via renonation.sg

Banyaknya perabot dapur juga menjadi salah satu kendala dalam proses renovasi dapur di rumah kita. Keinginan untuk memasak dengan berbagai cara dan menu, membuat kita seringkali harus membeli berbagai perabot dengan ukuran yang berbeda-beda pula. Karena itulah, hematlah ruang dengan cara memakai perabot multifungsi.

3. Lebih teliti dalam memilih bahan

Teliti memilih bahan via renonation.sg

Saat ini banyak bahan unik untuk dapur. Karena itu kamu diberi ruang untuk memilih bahan yang tepat agar bisa menggabungkan kenyamanan dan keunikan desain. Untuk kabinet dan meja, bahan yang paling cocok digunakan ialah stainless steel karena lebih awet. Tapi yang paling penting, pilihlah bahan yang aman digunakan, tidak menimbulkan panas yang berlebihan ketika memasak nanti.

4. Sesuaikan ukuran perabot dengan ruang keseluruhan

Sesuaikan ukuran via renonation.sg

Perabot-perabot seperti pencuci piring, lemari es, wastafel dan sebagainya, sebaiknya kamu tahu berapa dimensi ukurannya. Dengan tahu berapa ukuran lemari es, wastafel dan lainnya, akan memudahkan kamu dalam mengatur layout sehingga perencanaan renovasi dapur akan lebih efisien dan lebih cepat.

5. Cobalah untuk berani “bermain” dengan desain atraktif

Desain yang atraktif via renonation.sg

Kreativitas dalam hal ini sangat dibutuhkan untuk menciptakan desain dapur dengan variasi warna dan tekstur. Campurkan bahan dan pola untuk memberi sentuhan-sentuhan pada kepribadian kamu dan warna pada dapur kamu untuk membuat kontras yang menenangkan. Kamu bisa mengikuti satu gaya atau kamu bisa memadukan berbagai hal dengan desain yang berbeda untuk menciptakan gaya eklektik.

Itulah tadi sederet hal tentang tips renovasi dapur. Semoga bisa menambah pengetahuan kamu tentang bagaimana merenovasi dapur agar lebih nyaman dihuni, ya. Terima kasih sudah membaca!