Makanan Sumber Energi yang Baik untuk Diet Agar Tak Cepat Lemas

Makanan Sumber Energi yang Baik untuk Diet Agar Tak Cepat Lemas – Memiliki tubuh yang ideal merupakan dambaan setiap orang. Banyak orang yang rela menahan lapar demi untuk menurunkan berat badannya agar terlihat langsing.

Banyak orang yang masih salah paham dan salah dalam menjalankan diet. Diet bukan berarti tidak mengkonsumsi makanan atau membiarkan perut kosong agar berat badan cepat menurun.

Saat menjalankan program diet, makan tetaplah perlu untuk memenuhi kebutuhan energi bagi tubuh. Namun, saat diet konsumsilah makanan yang tidak mengandung banyak lemak dan kolesterol.

Selain itu pilihlah makanan yang dapat memberikan rasa kenyang lebih lama agar tidak mudah lapar untuk menghindari makan yang berlebih.

Selain asupan makanan yang dikonsumsi, olahraga dan gaya hidup sehat juga menjadi faktor yang sangat berpengaruh bagi keberhasilan program diet Anda.

Berbicara mengenai asupan makanan untuk program diet, berikut ini ada beberapa makanan yang baik dikonsumsi untuk menurunkan berat badan namun mengandung sumber energi yang cukup tinggi bagi tubuh.

Gandum dan beras merah

Makanan sebagai sumber energi yang baik saat diet yang pertama yaitu gandum dan beras merah. Tidak heran banyak orang yang beralih mengkonsumsi gandum atau beras merah saat menjalankan program diet. Gandum dan beras merah baik dikonsumsi sebagai pengganti nasi putih sebagai sumber energi bagi tubuh. Selain mengandung karbohidrat komplek, gandum dan beras merah juga mengandung serat yang baik untuk melancarkan pencernaan.

Buah-buahan

Makanan berikutnya yang baik dikonsumsi sebagai sumber energi saat menjalankan program diet yaitu buah-buahan. Buah-buahan mengandung vitamin, zat dan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh. Namun Anda tetap harus memilih buah buahan tertentu yang baik dikonsumsi untuk diet seperti buah alpukat, pisang yang dapat dijadikan sumber energi bagi tubuh.

Sayuran

Selain buah-buahan tentunya sayuran merupakan asupan makanan yang paling baik dikonsumsi untuk  melancarkan program diet Anda. Sayuran hijau mengandung serat, vitamin, mineral dan zat yang baik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Kandungan serat nya yang cukup tinggi pada sayuran berfungsi untuk mencegah sembelit atau susah buang air besar yang membuat perut menjadi buncit. Selain itu sayuran juga rendah lemak dan kalori sehingga aman untuk dikonsumsi bagi mereka yang sedang menjalankan program diet. Namun Anda perlu memperhatikan cara pengolahan nya. Olah sayuran dengan merebus nya atau membuatnya menjadi salad.

Telur dan daging rendah lemak

Makanan berikutnya yang baik dikonsumsi untuk dijadikan sebagai sumber energi bagi Anda yang sedang menjalankan program diet yaitu telur dan daging rendah lemak. Menjalankan program diet bukan berarti tidak boleh mengkonsumsi daging. Sebagai sumber energi bagi tubuh, Anda boleh mengkonsumsi daging rendah lemak serta telur tentunya dengan jumlah dan porsi yang aman. Anda bisa mengkonsumsi telur rebus sebagai menu sarapan Anda. Dengan mengkonsumsii sebutir telur rebus saat sarapan, Anda akan merasa kenyang lebih lama. Usahakan untuk mengolahnya dengan merebus dan hindari beberapa bumbu tambahan bahkan santan. Hal tersebut justru akan menjadi lemak dan kolesterol yang tinggi yang membuat tubuh menjadi gemuk.

Ikan

Selain telur dan daging rendah lemak, makanan yang baik dikonsumsi sebagai sumber energi bagi tubuh saat menjalankan program diet yaitu ikan. Ikan mengandung protein yang baik untuk kesehatan tubuh. Salah satu jenis ikan yang baik untuk dikonsumsi yaitu salmon. Selain rasanya yang nikmat serta dagingnya yang lembut, ikan salmon mengandung omega 3 yang cukup tinggi yang baik untuk kesehatan tubuh seperti baik untuk otak dan jantung.

Yogurt

Selain ikan dan telur, salah satu asupan untuk memenuhi kebutuhan protein pada tubuh saat menjalankan program diet yaitu  yogurt. Susu hasil fermentasi ini selain mengandung protein juga mengandung zat yang baik untuk kesehatan usus dan pencernaan.

Kacang-kacangan

Makanan berikutnya yang baik dikonsumsi saat menjalankan program diet yaitu kacang-kacangan. berbagai jenis kacang-kacangan seperti almond, kedelai, mete dan kacang tanah ini baik dikonsumsi untuk menurunkan berat badan dan menjadi sumber energi bagi tubuh.