Media sosial Instagram yang makin menjadi sorotan, menjadikan wadah kreatif para netizen untuk berkarya dan menunjukkan kebolehan fotografi. Deretan OOTD yang menghiasi kolom “Search” di Instagram pun dihuni oleh foto-foto dengan jepretan elegan nan ciamik.

Dan ternyata, deretan foto tersebut didominasi oleh hasil jepretan kamera mirrorless. Kenapa kini kamera mirrorless digemari? Karena selain kualitas jepretan yang lebih elegan dan Instagramable, bobot yang ringan dan pengaturan yang praktis juga menjadi alasan lain.

Lalu, bagaimana kalau seorang pemula ingin membeli kamera mirrorless? Maka perlu hati-hati, karena jangan sampai menyesal jika salah pilih atau kurang tahu dalam penggunaannya. Karena itu, yuk mari kita simak sederet tips buat kamu yang ingin beli kamera mirrorless berikut ini.

1. Sebelum membeli kamera mirrorless, kamu wajib tau kebutuhan kamu sendiri

Kenali Kebutuhan, Membeli Kamera Mirrorless
Kenali Kebutuhan

Spesifikasi seringkali disesuaikan dengan persona para pembelinya. Petinggi perusahaan biasanya merancang sebuah produk yang memang tujuannya untuk segmen tertentu. Maka dari itulah, sebagai seorang pemula, sebaiknya memilih spesifikasi yang sedang-sedang saja, atau bahkan di membeli kamera mirrorless di entry level.

Hal ini supaya kamu tidak kebingungan saat menggunakan kamera tersebut. Sebab, kamera pro juga bakal sama saja hasilnya kalau keahlian dalam memotret dan mengatur kamera masih belum seimbang. Bukan merendahkan, tapi ini demi kenyamanan dan kelancaran kamu saat belajar menggunakan kamera mirrorless.

2. Untuk pertama kali, memanfaatkan lensa kit adalah langkah terbaik

Lensa Kit, Membeli Kamera Mirrorless
Lensa Kit

Sama halnya ketika membeli kamera DSLR, kita diberikan opsi untuk memilih lensa yang diinginkan. Dalam hal ini, keluwesan kita dalam menjepret momen-momen sesuai situasi pun bakal terwujud. Memilih lensa juga berlaku buat kamera mirrorless. Kita tinggal menyesuaikannya dengan kebutuhan.

Untuk pertama kalinya, sangat disarankan untuk memanfaatkan lensa kit. Lensa kit sudah dirasa cukup untuk memenuhi kebutuhan kamu yang baru pertama kali ingin membeli kamera mirrorless. Namun seiring berjalannya waktu dan keahlian kamu yang bertambah, gonta-ganti lensa pun halal dilakukan.

3. Tetapkan fitur yang wajib ada dalam kamera mirrorless kamu

Fitur Kamera, Membeli Kamera Mirrorless
Fitur Kamera

Meski budget tidak besar, fitur tetap harus dikedepankan. Karena bagaimanapun juga, kualitas jepretan akan berbanding lurus dengan kelengkapan fitur yang ada pada kamera mirrorless kamu. Beberapa fitur yang wajib ada antara lain: shutter speed 30 detik, autofocus cepat, sensor kamera minimal 4/3, dan ISO besar.

Selain fitur-fitur wajib tadi, ada kalanya kamu juga mempertimbangkan fitur-fitur pendukung. Supaya, nantinya aktivitas fotografi kamu bisa terdukung dengan maksimal, sehingga hasil jepretan pun juga akan maksimal. Beberapa fitur pendukung yang sebaiknya ada saat membeli kamera mirrorless antara lain: touch screen, GPS, Bluetooth, dan Wi-Fi.

4. Usahakan agar membeli kamera mirrorless yang ada garansinya

Garansi Resmi, Membeli Kamera Mirrorless
Garansi Resmi

Bagaimanapun juga, pada saat awal-awal belajar, garansi merupakan hal yang wajib ada. Terutama untuk urusan kamera, di mana harga yang ditetapkan tidaklah sedikit. Untuk itu, usahakan agar kamu memilih kamera mirrorless yang menawarkan garansi produk dari distributor dan toko.

Akan lebih baik lagi, kalau kamu membeli kamera mirrorless dengan garansi resmi dari produsen pusat. Sehingga, kalau ada apa-apa dengan kamera kamu, bisa langsung menyerahkannya pada service center. Sembari pula kamu belajar bagaimana caranya mengantisipasi kerusakan, atau mengatasinya jika sudah terjadi.

Nah, itu dia tadi sederet tips yang bisa kamu terapkan sebelum membeli kamera mirrorless. Semoga bisa menjadi wadah pengetahuan kamu, dan selamat mencoba suasana baru dengan kamera mirrorless, ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here