Tempat Wisata di Pekanbaru yang Tidak Boleh Dilewatkan – Kota Pekanbaru Riau merupakan salah satu kota di pulau Sumatera yang memiliki pertumbuhan ekonomi cukup tinggi. Hal ini menjadikan Pekanbaru sebagai salah satu kota besar di Sumatera, bahkan di Indonesia. Selain ekonominya yang tumbuh pesat, ternyata dari segi pariwisata Pekanbaru juga cukup maju dan menarik untuk dikunjungi. Di Pekanbaru sendiri terdapat banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi oleh wisatawan baik wisata alam maupun wisata buatan. Dari sekian banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi, berikut ini ada beberapa rekomendasi tempat wisata di Pekanbaru yang tidak boleh dilewatkan ketika sedang berada disana.

Rekomendasi tempat wisata di Pekanbaru yang tak boleh dilewatkan

  1. sungai kampar - Tempat Wisata di Pekanbaru yang Tidak Boleh DilewatkanSungai Kampar. Tempat wisata yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi ditelinga wisatawan yang berkunjung ke Pekanbaru. Sungai Kampar adalah sungai yang terletak di Desa Teluk Meranti, atau berada di sebelah timur laut Pekanbaru. Ketika anda mengunjungi sungai ini, anda akan disuguhkan dengan air sungai yang berwarna kecoklatan namun terdapat ombak yang cukup besar dan menantang adrenalin. Ombak yang ada di sungai Kampar dimanfaatkan untuk berselancar bagi yang sudah bisa berselancar. Ombak yang bisa setinggi 6 meter ini memang memicu adrenalin para peselancar untuk mencoba ganasnya ombak di sungai ini. Apabila anda belum bisa berselancar, ada baiknya untuk menonton saja karena akan berbahaya untuk pemula. Di sungai ini juga terdapat buaya dan ular sehingga anda wajib waspada ketika berselancar di sungai ini. Waktu terbaik mengunjungi sungai ini adalah saat akhir tahun yakni antara bulan November sampai dengan Desember karena ombak di sungai ini sedang berada di puncaknya.
  2. sungai siak - Tempat Wisata di Pekanbaru yang Tidak Boleh DilewatkanSungai Siak. Selain sungai Kampar, ada lagi salah satu sungai indah yang ada di Pekanbaru yakni sungai Siak. Waktu terbaik mengunjungi sungai Siak adalah saat sore hari karena anda akan disuguhkan dengan pemandangan matahari tenggelam dengan background jembatan Siak III. Menikmati sunset memang sangat sempurna apabila sambil menyantap makanan yang ada disana. Anda bisa menikmati berbagai kuliner yang tersedia di tempat makan sekitar sungai Siak ini. Letak sungai Siak ini tidak jauh dari Bandar Udara Internasional Sultan Syarif Kasim II yakni hanya berjarat 10 kilometer saja.
  3. riau fantasi - Tempat Wisata di Pekanbaru yang Tidak Boleh DilewatkanRiau Fantasi. Riau Fantasi adalah salah satu water park terbesar yang ada di Sumatera. Tak heran apabila tempat ini selalu dipadati pengunjung baik pengunjung lokal maupun luar daerah. Nama resmi tempat wisata ini adalah Labersa Water Park & Theme Park yang terletak di kawasan Labesa Grand Park. Lokasi tepatnya berada di Jalan Labersa – Parit, Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Riau. Di tempat ini, anda bisa menikmati berbagai wahana yang tersedia seperti wahana adult pool, adventure pool, baby pool, lazy river pool, dan masih banyak yang lainnya. Tiket untuk masuk ke area ini beragam tergantung mana yang akan anda masuki apakah Water Park, Theme Park, atau keduanya.
  4. perpustakaan soeman hs - Tempat Wisata di Pekanbaru yang Tidak Boleh DilewatkanPerpustakaan Soeman HS. Satu lagi tempat wisata yang tak boleh anda lewatkan ketika sedang berkunjung ke Pekanbaru. Perpustakaan Soeman HS merupakan perpustakaan terbesar se Asia Tenggara dengan koleksi buku yang sangat lengkap. Apabila anda adalah seorang kutu buku, maka anda wajib mengunjungi tempat yang satu ini. Perpustakaan ini berada di Jl. Cut Nyak Dien, Jadirejo, Kecamatan Sukajadi, Pekanbaru. Selain koleksi bukunya yang lengkap, di dalam perpustakaan ini anda juga bisa menikmati berbagai fasilitas yang ada seperti auditorium, ruang internet, Energy Corner, dan masih banyak lainnya. Jangan lupa untuk berfoto di depan perpustakaan ini karena gedung perpustakaan ini juga cukup unik dan layak untuk menambah koleksi foto anda di instagram.
  5. istana siak sri indapura - Tempat Wisata di Pekanbaru yang Tidak Boleh DilewatkanIstana Siak Sri Indapura. Ingin mencari tempat wisata di Pekanbaru yang hits dan instagramable? Datang saja ke Istana Siak Sri Indrapura yang berada di Jalan Sultan Syarif Kasim, Kabupaten Siak. Letaknya sekitar 100 km dari kota Pekanbaru dan bisa ditempuh dalam waktu 2 jam perjalanan saja. Ketika anda sampai di depan istana, anda akan melihat bangunan megah bergaya melayu, eropa, dan arab yang jadi satu. Tak heran apabila lokasi di depan istana menjadi spot fotografi yang sangat terkenal dan hits di sosial media. Di dalam istana, terdapat berbagai benda bersejarah yang unik dan mewah. Untuk masuk ke dalam Istana Sultan Siak, anda cukup membayar tiket masuk sebesar 3 ribu rupiah saja.
  6. masjid agung an nur - Tempat Wisata di Pekanbaru yang Tidak Boleh DilewatkanMasjid Agung An Nur. Masjid yang menjadi andalan kota Pekanbaru ini wajib anda sambangi ketika berada di Pekanbaru. Masjid Agung An Nur ini sering disebut juga sebagai Taj Mahal nya Pekanbaru. Ini dikarenakan bangunan masjid yang sangat besar dan megah dan apabila tampak depan mirip dengan bangunan Taj Mahal. Ingin melihat yang lebih unik lagi dari masjid ini? Datanglah pada malam hari karena anda akan menemukan lampu berwarna warni yang membuat masjid ini tampak semakin megah dan mewah.
  7. air terjun aek martua - Tempat Wisata di Pekanbaru yang Tidak Boleh DilewatkanAir Terjun Aek Mertua. Pekanbaru juga memiliki pesona air terjun yang patut diacungi jempol. Air terjun ini bernama Aek Mertua yang berlokasi di Bangun Purba Timur Jaya, kecamatan Bangun Purba, Kabupaten Rokan Hulu. Lokasinya memang cukup jauh dari kota Pekanbaru yakni sekitar 5 jam perjalanan dan lokasinya juga cukup tersembunyi sehingga untuk sampai ke air terjun ini, wisatawan harus melewati jalan yang rusak dan hutan. Meskipun jalan yang dilalui cukup sulit dan menantang nyali, namun saat anda sampai ke air terjun ini maka anda akan terkagum-kagum melihat keindahannya. Air terjun Aek Martua memiliki tebing yang bertingkat-tingkat yang menambah kesan indah air terjun ini. Anda bisa mencoba segarnya air terjun ini setelah sekian lama melakukan perjalanan yang melelahkan untuk menyegarkan badan anda.
  8. air terjun batang kapas - Tempat Wisata di Pekanbaru yang Tidak Boleh DilewatkanAir Terjun Batang Kapas. Satu lagi air terjun sangat eksotis yang berada di Pekanbaru. Air terjun ini masih jarang pengunjungnya karena letaknya yang tersembunyi. Tak salah jika Air Terjun Batang Kapas merupakan surga yang tersembunyi di Pekanbaru. Tempat wisata di Pekanbaru yang tidak boleh dilewatkan ini memiliki ketinggian air terjun 150 meter dengan tebing yang curam. Lokasi air terjun ini berada di desa Lubuk Ligau, Kecamatan Kampar Kiri Hulu, Kabupaten Kampar. Jika dari Pekanbaru, waktu yang diperlukan untuk sampai ke air terjun ini sekitar 4 jam perjalanan. Meskipun perjalanan menuju ke air terjun ini terbilang cukup sulit, namun semua itu akan terbayar ketika pengunjung sampai ke tujuan. Pengunjung akan disuguhi dengan pemandangan air terjun yang sangat tinggi menjulang serta sangat indah. Air terjun ini masih sangat alami dan cukup sepi pengunjung sehingga sangat cocok bagi anda yang ingin mencari tempat wisata yang tenang.

Itulah beberapa tempat wisata di Pekanbaru yang tidak boleh dilewatkan ketika anda sedang berlibur disana. Selain tempat wisatanya yang beragam, kuliner di Pekanbaru juga patut anda coba untuk mengisi perut selama berada di sana.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here