Fotografi makanan kini menjadi tren baru di bidang pemotretan. Siapa sih yang nggak pengen dibayar mahal, disuruh foto makanan lezat, dan sehabis itu menghabiskannya? Yaps, food blogger sekarang makin menjamur di tanah air. Apalagi, makin berkembangnya media sosial berbasis foto, Instagram.

Banyak pula, restoran-restoran yang memercayakan promosi pada food blogger. Karena nggak sedikit pula yang berminat berkunjung ke restoran tertentu, setelah melihat foto-foto yang tersebar luas di internet. Kebanyakan, para konsumen mencari informasi terlebih dulu di internet sebelum memutuskan mau makan di mana.

Karena itulah, peran food blogger untuk menciptakan fotografi makanan yang bagus sangatlah besar, demi menarik minat pelanggan dari dunia maya. So, apa saja yang perlu diperhatikan? Langsung simak aja yuk!

1. Perhatikan Sudut Pandang

Perhatikan Sudut Pandang, Fotografi Makanan
Perhatikan Sudut Pandang

Biasanya, aturan sudut pandang standar dalam fotografi makanan, tak jauh-jauh dari kebiasaan mata manusia dalam memandang sesuatu. Yakni, dari atas ke bawah, seperti sedang melihat makanan yang ada di meja makan. Posisi sudut pandang ini cukup sering digunakan oleh food blogger dalam mempresentasikan makanannya.

Nggak salah kok, kalau kamu coba sudut pandang yang lain. Justru, dengan menjadi berbeda, kamu bakal terlihat menonjol dibanding lainnya. Yakni dengan mengambil sudut pandang yang lebih menarik dan berkesan. Misalkan, mengambil dari arah samping, dan menyoroti bagian makanan yang paling lezat untuk disantap.

2. Atur Pencahayaan

Pencahayaan yang Cukup, Fotografi Makanan
Pencahayaan yang Cukup

Seperti teknik fotografi pada umumnya, pencahayaan sangatlah penting untuk diperhatikan. Cahaya yang cukup akan membuat objek menjadi lebih jelas dan detail. Usahakan agar cahaya tak terlalu terang dan gelap, karena keduanya sama-sama mengurangi kualitas gambar yang akan dihasilkan.

Kalau kamu menggunakan cahaya alami seperti matahari, usahakan agar membawa alat peredam yang dinamakan sebagai gobos. Alat ini pada dasarnya mampu mengurangi cahaya yang terlalu terang, sehingga mampu menciptakan efek bayangan yang bagus. Hasil jepretan pun semakin tak tertahankan.

3. Pertahankan Warna Asli

Pertahankan Warna Asli, Fotografi Makanan
Pertahankan Warna Asli

Adalah norak kalau kita sering melebih-lebihkan warna dalam editing fotografi makanan. Secukupnya sajalah, karena kalau dilihat begitu terang dan kontras, justru akan menghilangkan ciri khas dari objek yang kita bidik. Karena itulah, mempertahankan warna asli justru jadi daya tarik tersendiri dalam fotografi.

Tak seperti objek lain yang baiknya tidak lebih dari tiga warna, makanan justru bisa jadi ajang kreasi kamu. Cobalah untuk mengombinasikan beberapa warna sehingga nampak atraktif. Jangan ragu untuk menggunakan hiasan atau bahkan alat-alat makan yang punya warna kontras dengan objek utama yang dibidik.

4. Gunakan Tripod

Gunakan Tripod, Fotografi Makanan
Gunakan Tripod

Fokus makanan jadi bagian penting yang tidak boleh dilewatkan. Untuk mencapai titik fokus itu, dibutuhkan kestabilan kamera. Dan tidak lain tidak bukan, tripod menjadi salah satu alat yang bisa diandalkan untuk menstabilkan kamera kamu saat mengambil gambar. Sehingga, gambar jadi lebih fokus dan tertata rapi.

Selain bisa fokus dan jelas, tangan kita juga akan lebih aktif untuk bergerak. Men-setting beragam fitur dalam kamera jadi lebih bebas dan leluasa. Jadi, pengaturan kamera bisa lebih maksimal dan hasil jepretan pun bisa dimaksimalkan. Kalau tidak ada tripod, senderan dinding atau alat yang ada pun bisa jadi solusi, kok.

5. Porsi Lebih Sedikit

Gunakan Porsi Sedikit, Fotografi Makanan
Gunakan Porsi Sedikit

Kenapa? Karena untuk menciptakan fokus yang dalam. Kalau terlalu banyak materi dalam objek yang akan difoto, tentu akan memecah belah fokus sehingga tujuan kita dalam memotret pun gagal tercapai. Inginnya memotret objek tertentu, malah terganggu oleh banyaknya objek makanan yang mirip-mirip.

Kalau sekedar hiasan, itu boleh-boleh saja kok, asalkan objek utama tidak ada tandingannya. Makanan yang sedikit juga akan menciptakan perhatian lebih untuk objek kamu. Sehingga, siapapun yang melihat foto itu, akan bisa langsung tau maksud dan tujuan foto yang kamu jepret itu.

Nah, kira-kira itulah tadi sederet tips supaya kamu bisa maksimal dalam memfoto makanan. Semoga trik fotografi makanan tadi bisa kamu terapkan dan mampu mendongkrak likes di Instagram.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here